OLAHRAGA SEPAK BOLA PENTING UNTUK MENGEMBANGKAN BAKAT DAN KETRAMPILAN

Olahraga Pendidikan & Sosbud


KAKULUK MESAK, Kegiatan olahraga Sepak Bola penting dalam rangka mengembangkan bakat dan ketrampilan. Olahraga sepakbola juga menjanjikan prestasi bagi para pegiat olahraga. Pemerintah baik di level nasional, provinsi, kabupaten hingga Kecamatan, bahkan di desa juga memberikan perhatian yang serius pada pegiat sepak bola. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Belu, Drs. J. T. Ose Luan usai melakukan tendangan perdana sekaligus membuka dengan resmi Turnamen Sepakbola Kabuna Cup II tahun 2019 di Lapangan SDK Wehor Haliwen, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kamis (12/9/2019).

Menurut Wabup Ose, untuk membentuk manusia sportif yang memiliki jiwa sportifitas adalah melalui olahraga, bahkan untuk mengembangkan rasa persatuan dan kebersamaan, itu juga melalui olahraga. Menurutnya, olahraga tidak mengenal batas dan sekat, karena olahraga dapat mempersatukan dunia.

“Saya menyampaikan penghargaan yang luar biasa dan terimakasih untuk niat baik Pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan, TNI dan Polri, Askab dan Koni karena memiliki satu turnamen tetap, termasuk Pemerintah Desa Kabuna yang memberikan tempat kepada anak – anak untuk mengasah kemampuan mereka di dalam bidang olahraga sepakbola,” ungkapnya.

Ia menambah, hari ini anda bertanding sampai dengan batas waktunya. Kemenangan memang menjadi satu tujuan, tetapi kemampuan pengendalian diri dan mengolah bola dalam teknik dan taktis yang penuh dengan sportifitas itu yang menjadi tujuan utama.

“Menang dengan mematahkan orang itu bukan tujuan. Tujuan utama dari pertandingan ini adalah bermain sportif, indah dengan penuh keakraban dan menghasilkan persahabatan dari dari 17 tim yang bertanding dalam turnamen ini.Bagi saya disaat ada yang merencanakan sesuatu yang bernilai, berakhlak, dan bermoral adalah suatu upaya yang luar biasa. Ini adalah pembinaan langsung bagi para pemuda. Atas nama Pemerintah Kabupaten Belu, saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan bagi semua yang terlibat dalam turnamen ini,” tandas Wabup Ose Luan.

Camat Kakuluk Mesak, Tarsisius Un Naisali, S.STP menyampaikan terima kasih atas perhatian dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Belu sehingga kegiatan Open Turnamen Kabuna Cup II ini dapat terselenggara sesuai rencana.

“Saya atas nama desa Kabuna dan seluruh masyarakat desa Kabuna menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Bapak Wakil Bupati Belu atas kesediaannya membuka kegiatan Open Turnamen Kabuna Cup II. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dan wajib desa Kabuna sebagai pembinaan bibit pemain sepakbola di Kecamatan Kakuluk Mesak khususnya Desa Kabuna. Kegiatan ini atas inisiatif Pemerintah Desa Kabuna yang sudah di sepakati melalui musyawarah dusun sampai ke musyawarah desa. Inilah salah satu kegiatan prioritas pembinaan kemasyarakatan,” jelas Tarsi Naisali.

Disampaikan pula, kegiatan ini bertujuan mencari bibit dan menyeleksi pemain untuk memperkuat club Kecamatan Kakuluk Mesak, dalam menghadapi Ajang Bupati Cup yang akan datang.

“Gudang pemain di Kecamatan Kakuluk Mesak berasal dari Desa Kabuna, ini dibuktikan dengan kita menjuarai Bupati Cup tahun kemarin. PS Kabuna eksis melalui event di tingkat kecamatan, Kabupaten, dan Provinsi. PS Kabuna memiliki jenjang pembinaan usia dini sampai pada tingkat senior. Salah satunya U-19 mewakili Kabupaten Belu bertanding pada liga desa Provinsi NTT yang di selenggarakan di Soe dan meraih juara III,” sebut Camat Tarsi.

Open Turnamen Kabuna Cup II ini  diikuti sebanyak 17 Club yakni ; 4 Club Tuan Rumah dan 11 Club Tamu Undangan yang terbagi dalam 4 Pool yaitu : PS. Kabuna l, PS. Kabuna 2, PS. Kabuna 3, PS. Kahuna 4, Weliurai FC, Kojho FC, Huruk Bulas FC, RBC FC, Geometri FC, Dalton FC, Javanes FC, Praja FC, Lesepu FC, Camptzer FC, Tuscani FC, BSC FC dan  Rabudadi FC.

Sebelum kick of di mulai, didahului dengan pelantikan Pengurus Persatuan Sepakbola (PS) Kabuna oleh Wakil Ketua Askab Kabupaten Belu, Joao Francisco Leki, yang disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan. Berikut Susunan Struktur Tim/Club Persatuan Sepak Bola Kabuna ( PS. Kabuna).  Pelindung   : Camat Kakuluk Mesak;  Penasehat  : Kepala Desa Kabuna;  Manager  : Tarsisius Un Naisali, S.STP; Sekretaris  : Marius Panje, M.Pd;  Bendahara : Joseph Primus Akoit, S.IP; Pelatih Kepala : Joao Baptista Soares; Pelatih Teknik  : Sadraqui Agostinho, ST dan Eben Heiser Basneri; Pelatih Fisik : Alex Gomes dan Alitu Da Purificacao;  Pelatih Kiper : Kris Rodriques. Bidang Humas dan Dokumentasi : Siprianus J. Mau, Joanino Tavares, Nelson Tavares dan Fransisco Bere; Bidang Pembinaan : Silvester Bere Ati; Bidang Medis & Kesehatan : Lius Kuku, Rainaldo Dos Santos, Agusto Guterres dan Maria G. Loe; Bidang Perlengkapan : Ary Dicky, Betu Carvalho, Aicko Soares, Vicy Parera, Antonius De Carvalho, Jefry Mones dan Santo Duarte;  dan Bidang Keamanan : Krisna, Babimpol, Babinsa dan Danton Linmas Desa Kabuna. (Pkpsetdabelu/Reynaldo).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *