BUPATI BELU KUKUHKAN ANGGOTA PASKIBRAKA 2019

Pendidikan & Sosbud

ATAMBUA,  Sebanyak 77 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Belu tahun 2019 dikukuhkan. Pengukuhan berlangsung di Aula Gedung Wanita BetelalenokAtambua, Kamis (15/8/2019).

Dalam acara tersebut dilakukan sumpah janji Paskibraka yang dibacakan oleh inspektur upacara dan diikuti oleh para anggota Paskibraka tahun 2019, dan dilanjutkan dengan penyematan lencana Paskibraka  serta pengikatan kendit kepada para Paskibraka oleh Bupati Belu. Anggota bertanda Paskibraka Tahun 2019 telah dikukuhkan dan harus siap menjalankan tugas dalam Pengibaran Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih.

Bupati Belu Willybrodus Lay, SH mengatakan,  setiap tanggal 17 Agustus, bangsa kita dari Sabang sampai Merauke, mulai dari Tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota wajib melaksanakan upacara peringatan detik-detik Proklamasi. Adapun tema peringatan ulang tahun ke-74 adalah “SDM Unggul Indonesia Maju “.

“Sesuai tema tersebut diatas, Presiden Joko Widodo, sebagai Presiden terpilih untuk periode II 2019-2024,  meluncurkan salah satu program dalam Pemerintahan 5 tahun ke depan adalah sumber daya manusia. Hal ini menjadi perhatian Pemerintahan Presiden RI Joko Widodo oleh karena dengan sumber daya manusia yang unggul dapat menggali semua potensi yang dimiliki oleh bangsa demi mewujudkan Indonesia maju,” jelasnya.

Sebagai generasi muda calon penerus pembangunan bangsa, Bupati Lay berpesan kepada anggota paskibraka untuk menjadi pemuda-pemudi yang bekerja keras, kreatif, inovatif dan berakhlak mulia.

“Untuk mencapai kemajuan bersama bagi bangsa dan Negara, anak-anakku harus tetap berkomitmen menjaga keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Pada kesempatan ini pula, Bupati Belu menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut serta menyukseskan pelaksanaan kegiatan ini

“Saya secara pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih kepada para Panitia dan Pelatih yang telah bekerja keras mulai dari menyeleksi calon Paskibra hingga telah terpilih 77 orang siswa-siswi terbaik dari SMA/SMK yang ada dan pelaksanaan diklat telah berjalan kurang lebih 28 hari. Dan hari ini telah dikukuhkan secara resmi sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kabupaten Belu yang akan bertugas mengibarkan bendera merah putih pada upacara peringatan hari Proklamasi Kemerdekaan RI. yang ke 74 Tahun 2019 di Kabupaten Belu,” katanya.

Kepada orang tua/wali, para Pendidik teristimewa peserta Paskibraka saya mengucapkan selamat atas terpilihnya kalian sebagai paskibraka tahun 2019. “Anggota Paskibraka adalah Pemuda-Pemudi terpilih, kalian harus bangga karena Paskibraka ini tidaklah mudah, harus melalui seleksi yang ketat dan yang terbaiklah yang terpilih. Dan berkat perjuangan kalian berlatih dengan sungguh-sunguh hari ini kalian dinyatakan siap dikukuhkan sebagai pasukan pengibar bendera pusaka tahun 2019,” tandasnya.

Bupati Belu juga menyampaikan  kebanggaannya kepada anggota paskribaka yang akan melaksanakan tugas sebagai pengibar bendera pusaka.

“Anak-anakku peserta Paskibraka yang saya banggakan. Perlu kalian ingat bahwa dipundak kalian masih ada tugas berat yang harus kalian laksanakan pada tanggal 17 Agustus nanti. Karena suksesnya upacara ada pada pasukan pengibar bendera,” tukasnya.

Bupati Willy berharap 77 Anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) dapat mempertanggung jawabkan kepercayaan dan kehormatan untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Jadikan tugas yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus mendatang, sebagai tonggak bersejarah dalam melangkah ke depan, mempersiapkan diri untuk menjadi putera-puteri terbaik bangsa,” ungkapnya

Bupati Lay mengutarakan kepada para peserta paskibraka, agar tidak menganggap ringan tugas ini, tapi laksanakanlah dengan penuh tanggungjawab. Karena ada ribuan pasang mata yang akan menyaksikan penampilan kalian di lapangan dalam menjalankan tugas sebagai pasukan pengibar bendera pusaka.

“Sebagai pemuda-pemudi Indonesia, persiapkan diri secara baik sejak dini. Karena yang melanjutkan kepemimpinan bangsa kelak adalah mereka-mereka yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik, cerdas berpengetahuan, sehat jasmani dan rohaninya, memiliki semangat mengabdi dan berbuat yang terbaik untuk Negaranya dan yang rukun satu sama lain, bangun kebersamaan, persatuan, dan kekompakan diantara sesama warga Negara dan diantara sesama generasi muda,” terangnya. (Pkpsetdabelu/Reynaldo).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *