46 KPM Desa Tasain Raimanuk Terima Bansos Perluasan Sembako

Covid-19 Ekonomi Pembangunan Pemerintahan & Hukum Pendidikan & Sosbud

RAIMANUK, Pemerintah Kabupaten Belu, dalam hal ini diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Maria Goreti Kiik, SH melounching penyaluran bantuan sosial Perluasan Sembako di Desa Tasaian, Kecamatan Raimanuk, Jumat (15/5).

Bansos Perluasan Sembako yang diberikan kepada 46 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berupa buku tabungan dan Kartu ATM yang diserahkan secara simbolis oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan kepada perwakilan penerima manfaat.

Dalam kesempatan itu, Asisten I Setda Belu menyampaikan bantuan sosial yang diterima ini agar dimanfaatkan dengan baik untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga sesuai anjuran pemerintah dan membelanjakan uang tersebut pada agen BRILink.

“Pemerintah melalui Kementerian Sosial memberikan perhatian berupa bantuan sosial bagi masyarakat kurang mampu melalui program Jaringan Perluasan Sembako sehingga penerima manfaat wajib memanfaatkan dengan membelanjakan bahan pangan yang memenuhi nilai gizi pada tempat yang sudah ditunjuk agen BRILink,” ungkap Maria Kiik.

Ia menekankan agar masyarakat penerima manfaat tidak membelanjakan uang bantuan sembako untuk hal –hal yang tidak penting.

“Bapak dan mama ketahui uang bantuan yang diterima pemanfaatannya hanya khusus pembelian bahan pangan yang mengandung karbohidrat seperti beras dan jagung, tidak itu saja harus ada proteinnya (daging, ikan, telur ) dan harus ada vitamin dan mineral seperti sayuran dan buah – buahan, tidak boleh untuk belanja HP, pulsa, sirih pinang, bayar cicilan kredit, minuman keras dan adat,” jelas Asisten I.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat Desa Tasain agar mematuhi himbauan pemerintah dengan mengikuti protoker kesehatan selalu mencuci tangan dengan sabun, wajib memakai masker, berdiam diri di dalam rumah dan tetap jaga jarak dengan orang lain.

Kabid Pemberdayaan Dinas Sosial, Drs. Petrus Ola Ledu menjelaskan bahwa dalam mengatasi dampak pandemik Covid-19 ini, ada beberapa bansos yang diturunkan secara bersamaan.

“Saya ingin sampaikan bahwa ada beberapa bansos yang diturunkan secara bersamaan, sehingga masyarakata pada umumnya bertanya apakah bisa dapat dua atau lebih bantuan, jawabannya tidak. Setiap bantuan sosial hanya bisa satu, karena semua bansos berbasis NIK,” jelas Petrus Ola.

Petrus menjelaskan semua bantuan sosial dasarnya adalah data kesejahteraan sosial, yang penetapannya dari Kementerian Sosial ditambah lagi dengan data KK Miskin kemudian diusulkan melalui Dinas Sosial.

“Untuk diketahui wilayah kecamatan Raimanuk star awal dari desa Renrua sedangkan hari ini di Desa Tasain dengan jumlah KPM sesuai daftar 46 berdasarkan Data Kesejahteraan Sosial dan ini ditetapkan dari Kementerian Sosial tidak oleh Dinas Sosial,” terangnya.

Hadir dalam kesempatan itu Camat Raimanuk, Drs. Tarsisius Edi, Perwakilan BRI unit Seroja, Fransiskus Moruk, Kepala Desa Tasain, Amandus Komesak.
(prokompimbelu/iryanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *