62 REGU IKUTI GERAK JALAN 45 KM PEMKAB, PESERTA DILEPAS LANGSUNG BUPATI BELU

Olahraga

RAIMANUK, Semarak peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-74 begitu terasa di Kabupaten Belu, pasalnya berbagai kegiatan telah dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Belu, mulai dari lomba Kebersihan Lingkungan, Pameran IKM/UKM, Pertandingan Bola Kasti, Bakiak, Lomba Lari 10 Km, Lomba Lari Karung Goyang Balon, Lomba Tebe dan Open Mic Stand Up Comedy Atambua hingga pelaksanaan Karnaval Budaya dan Pawai Pembangunan.

Untuk menambah meriahnya peringatan proklamasi 17 Agustus, Pemerintah Kabupaten Belu, menyelenggarakan agenda rutin yaitu Lomba Gerak Jalan kategori 8 Km, 17 Km dan 45 Km. Lomba yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini sebagai wujud konsistensi Pemkab Belu dalam menumbuhkan jiwa patriotisme menyambut HUT Kemerdekaan RI.

Tepat pukul 10.00 wita malam, Bupati Belu Willybrodus Lay, SH, melepas peserta dari Gerak Jalan 45 Km yang mengambil start di Desa Mandeu, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu, Selasa (13/8/2019). Wakil Bupati Belu, Sekretaris Daerah Kabupaten Belu, Para Asisten, Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Belu, Camat dan Para kades ikut melepas gerak jalan tersebut.

Bupati Willy, mengakui bahwa dirinya senang partisipasi para peserta pada tahun ini, hal itu, berarti antusias masyarakat sangat tinggi untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan pemerintah ini.

“Ini merupakan bukti kesadaran dari seluruh masyarakat, bahwa ikut serta dalam kegiatan pemerintah itu sangat penting, dan ini pun bentuk dari rasa persatuan dan sinergitas diantara pemerintah dan masyarakat,” ucap Willy Lay.

Pelaksanaan gerak jalan di Belu ini, kata Bupati Lay, sudah menjadi tradisi, dan ini telah dilaksanakan sejak lama.

“Malam hari ini kita akan melakukan gerak jalan. Saya melihat persiapan yang begitu luar biasa dari setiap peserta. Jumlah peserta kalah banyak dari para supporter. Ini luar biasa, dimana satu tim ada dukungan kurang lebih 5 mobil supporter,” katanya.

Ia juga mengharapkan agar pelaksanaan lomba gerak jalan 45 kilometer  pada tahun 2020, para peserta dapat melebihi jumlah peserta pada tahun ini.

“Saya harapkan tahun depan peserta karang taruna harus bertambah banyak untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI,” imbuh Bupati Lay.

Bupati Willy juga menyampaikan terima kasih kepada para peserta dan suporter yang telah berpartisipasi memeriahkan HUT RI ke 74 di Kabupaten Belu.

“Terima kasih untuk peserta karang taruna, suporter dan untuk para orang tua yang telah mendorong para pemuda untuk turut berpartisipasi  memeriahkan HUT kemerdekaan RI yang ke 74. Terima kasih juga kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Belu dan Pastor Paroki  yang telah menyediakan tempat bagi pelepasan para peserga gerak jalan 45 km,” ujar Bupati Willy.

Untuk rute gerak jalan, peserta bergerak mulai dari depan Gereja Paroki Labur, kemudian melewati Cabang Halilulik, menuju Etape I Depan STM Nenuk, menuju Atambua belok kiri depan Kantor Sosial Lama, menuju Haliren, belok kiri bergerak melewati depan rumah Bupati Belu, belok kanan menuju Tugu Kirab.

Kemudian belok kanan menuju SMPN 2 Atambua, bergerak lurus menuju perempatan SDI Tini Atambua, belok kiri Ibu Laura Kally, belok kanan lurus Rumah Sakit Tentara, kuda putih, belok kiri Kantor BKKBN, belok kanan Kantor Pengadilan Agama, belok Kanan Gedung Graha Kirani, belok kiri Kantor Samzat Atambua, bergerak melewati Kuneru, menuju Etape II Cabang PU.

Kemudian bergerak menuju SMAN I Atambua, belok kiri Kantor Lurah Tenu Kiik, belok kanan melewati Kodim 1605 Belu, Kantor Polres Belu, menuju Pertokoan Pasar Lama, belok kanan Hotel Klaben, belok kanan Hotel Merdeka, belok kiri bergerak melewati Gedung Romei, kantor Lurah Tanah Merah Atambua, belok giri melewati Sukabiren, Agen Sinar Gemilang Atambua, belok kanan menuju Toko Pelita, belok kiri persimpangan Tini, belok kanan bergerak melewati Kancab BRI Atambua, menuju Tugu PKK, belok kanan bergerak melewati Rumah Jabatan Bupati Belu, PLN Atambua, Mesjid, belok kiri menuju Cabang Simpang Lima Atambua, dan finis depan Hotel Kalpataru Atambua.

Pantauan Media ini di sepanjang jalan, sudah padat dipenuhi masyarakat yang tak mau ketinggalan menyaksikan teman, kerabat, dan keluarga yang ikut pada lomba gerak jalan tersebut. Warga yang menonton pun berteriak, memberikan semangat kepada peserta gerak jalan.

Beragam kostum yang dikenakan oleh para peserta menjadi perhatian menarik bagi masyarakat, peserta ada yang mengenakan kostum unik dan atribut tambahan, bahkan wajah mereka pun di warnai dengan cat-cat warna warni, yang membuat para penonton terhibur.

Sepanjang jalan mereka menyuarakan lagu kebangsaan dan yel-yel dengan langkah seirama, ada juga yang sambil berjoget, hal itulah yang membuat para peserta dan penonton bersemangat. (Pkpsetdabelu/Michello/Reynaldo/Iryanto/Trebor).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *