AFCAB “GULIR” TURNAMEN FUTSAL ANTAR SMP DI BELU

Olahraga

ATAMBUA, Asosiasi Futsal Cabang (AFCAB) Belu menggelar Turnamen Futsal antar Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMP) se- Kabupaten Belu. Turnamen Futsal bergulir di lapangan Futsal Gor L. A. Bone Tulamalae, Atambua. Selasa (1/10/2019) Turnamen Futsal diikuti sebanyak 9 sekolah yakni SMPN 1 Atambua (2 Tim), SMPN 2 Atambua (2 Tim), SMPN 3 Atambua (3 Tim), SMPK Donbosco Atambua (3 Tim), SMPN Umanen (1 Tim), SMP Bina Karya (1 Tim) dan SMP Sta. Angela Atambua (1 Tim) dan SMPN Lakafehan (1 Tim).

Pelaksanaan futsal bertujuan membangun tali silahtuhrahmi antar sekolah di Kabupaten Belu;  Meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang olahraga khususnya dicabang olahraga futsal; Peningkatan mutu pendidikan dan karakter siswa.

Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sekda Belu,  Drs. Arnoldus Bria Seo mengatakan, bidang industri olahraga sepak bola memiliki potensi yang sangat besar. Sepak bola tidak lagi hanya sebuah tontonan atau hiburan bagi pecinta bola, tetapi lebih dari itu sepak bola professional telah  berkembang menjadi sebuah industry besar.

“Oleh karena itu,  tidak saja kita bina anak-anak untuk terampil bermain bola tetapi setidak-tidaknya kita harapkan untuk besok lusa anak-anak bisa mendapatkan ilmu  dan lapangan kerja dari kegiatan olahraga ini,” katanya.

Disampaikan bahwa, secara professional, sepak bola harus diramu dengan memperhatikan prinsip-prinsip tata kelola yang baik, pemenuhan hak dan kesejahteraan  pemain. Selain itu, perlu adanya perubahan regulasi dan upaya perlindungan pemain dan kemajuan industry sepak bola ke depan.

“Sehingga mulai dari sekarang, kesempatan bagi anak-anak untuk diperhatikan oleh organisasi professional, para pendidik di sekolah dan orang tua.  Kedepannya kita terus membina anak-anak untuk mereka bisa membantu diri sendiri juga membantu orang lain,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia AFCAB Belu, Theodorus Manehitu Djuang mengatakan turnamen futsal tingkat SMP baru pertama di gelar di Kabupaten Belu. Selain memperkenalkan futsal sejak dini, juga untuk menyeleksi bibit untuk bermain di level provinsi pada piala Gubernut mendatang.

“Selain jenjang SMP, AFCAB juga siap memperkenal Futsal tingkat SMA. Turnament futsal ini akan kita laksanakan setiap Tahun,” ujar Theo Djuang.

Selain sebagai pembentukan karakter bagi anak-anak muda di Belu, Turnamen Futsal tesebut dapat menciptakanpemain-pemain muda di Belu agar bida bermaindi level profesonal.

“Saya harap, setiap tim dapat menjunjung tinggi sportifitas, karena selain mencari bibit, turnamen ini juga sebagai ajang silahturahmi,” tandasnya.

Pembukaan Asosiasi Futsal Cabang (AFCAB) Belu ditandai dengan aksi penendangan bola pertama oleh Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sekda Belu,  Drs. Arnoldus Bria Seo. (Pkpksetdabelu/Iryanto/Trebor).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *