Apel Pengecekan Personil ASN dan Tenaga Kontrak Lingkup Pemkab Belu

APEL PENGECEKAN, WABUP BELU INGATKAN ASN HARUS TAHU DIRI

Pemerintahan & Hukum Pendidikan & Sosbud

ATAMBUA, Wakil Bupati Belu Drs. J.T. Ose Luan  mengecam Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak masuk kantor usai liburan Idul Fitri. Wabup menegaskan, Aparatur Sipil Negara (ASN) harus tahu diri. Hal itu disampaikan pada Apel Pengecekan Personil ASN dan Tenaga Kontrak Lingkup Pemerintah Kabupaten Belu di halaman Kantor Bupati Belu, Senin, (10/6/2019).

Selain itu, ASN juga harus kenal diri, tahu tugas dan tanggungjawab.

“Refleksi kita di apel pengecekan hari ini hanya satu. Tahu diri, kenal diri, tahu tugas dan tahu bertanggungjawab. Karena orang yang dengan sengaja  buat tidak tahu itu sebenarnya tidak cocok dan tidak layak untuk disebut aparatur,” ungkap Wabup Ose.

Wakil Bupati Belu, Drs. J.T. Ose Luan saat memberikan arahan kepada seluruh ASN dan Tenaga Kontrak Lingkup Pemkab Belu pada Apel Pengecekan Personil di Halaman Kantor Bupati Belu, Senin, (10/06/2019)

Ia menjelaskan, Pemerintah berkewajiban untuk melakukan pengecekan personil setelah hari pertama liburan.

“Hari ini kita laksanakan apel. Hasil pengecekan akan dilaporkan pada hari ini juga ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,” tandasnya.

Kata dia, apel pengecekan personil adalah salah satu kewajiban yang dilaksanakan setelah liburan lebaran tahun 2019

“Pemerintah berkeinginan untuk mengecek, karena pengalaman liburan kali lalu ada yang berkeinginan untuk menambah liburan. Oleh karena itu, hari ini dilakukan pengecekan total. Bagi siapa yang tidak hadir terutama ASN, akan dilaporkan ke Menpan RB. Kecuali mereka yang bertugas, sakit, ijin yang dapat dipertanggungjawabkan oleh pimpinan,” tambahnya.

Lebih jauh Wabup mengutarakan, seorang ASN sudah diberikan tanggungjawab

“Kita memiliki hak dan juga memiliki tanggungjawab. Tidak saja hak yang dilayani, tetapi harus diikuti dengan kewajiban-kewajiban yang kita laksanakan sebagai ASN dan tenaga kontrak Pemkab Belu,” ujarnya.

Wabup menganalogi, ibarat botol dalam berbagai ukuran. Nilai botol ditentukan oleh apa yang ada didalam botol itu. Demikian juga manusia, ditentukan oleh apa yang ada dalam dirinya, perbuatan dan tingkah lakunya,  termasuk disiplin dan melaksanakan kewajiban dengan penuh tanggungjawab.

“Jangan anda diisi dengan hal-hal yang tidak mendukung profesi dan perbuatan serta tingkah laku anda sebagai ASN,” katanya.

Wabup menekankan, jadilah botol yang berisi dan bernilai. 

“Kita susah untuk berbicara tentang disiplin. Orang hanya  mau menuntut hak, berkelahi disana sini karena hak. tetapi tidak pernah berpikir tentang kewajiban dan posisinya,” ungkap Wabup.

ASN dan Tenaga Kontrak Lingkup Pemkab Belu saat mendengar arahan dari Wakil Bupati Belu pada Apel Pengecekan Personil di Halaman Kantor Bupati, Senin, (10/06/2019)

Diakhir arahannya, Wabup menyampaikan terima kasih kepada seluruh ASN dan tenaga kontrak yang hadir pada apel pengecekan personil pagi ini.

“Terima kasih kepada anda yang hadir pada pagi hari ini dan hari ini juga teguran keras itu akan dikeluarkan. Selamat melaksanakan tugas sesuai tupoksi masing-masing,” pungkasnya.(pkpsetdabelu/Reynaldo/Trebor).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *