ATMOSFER “ULTRAS BELUMANIA” YANG DAHSYAT

Olahraga

MALAKA, Salah-satu daya tarik turnamen sepak bola paling akbar sejagad NTT (Piala ETMC 2019) adalah kehadiran atraksi para suporter “Ultras Belumania”. Mereka berhasil meramaikan pesta sepak bola yang digelar dua tahun sekali itu.

Para penggemar sepak bola yang ini betul-betul kreatif. Lihat saja pakaian-pakaian yang mereka kenakan-warni-warna, indah dan unik. Semua ini mereka lakukan untuk menunjukkan dukungan penuh pada tim Persab Belu.

Berbagai cuitan yang dilansir dari berbagai akun media sosial, menyebutkan, momentum yang paling ditunggu khalayak di gelaran ETMC 2019 Malaka adalah atraksi unik yang disuguhkan  “Ultras Belumania”

Atraksi Ultras Belumania, kini menjadi buah bibir di seluruh Kabupaten/ Kota se-NTT. Ultras menjadi bahan obrolan di pojok warung kopi dan setiap diskusi bola. Sebelumnya, Atraksi Ultras sudah ramai diperbincangkan terutama di kalangan pengguna media sosial.

Ultras diibaratkan dengan fans-fans bola dunia. Kelebihan Ultras Belumania adalah mengakui “Berisik”, tetapi ”Santun dan Menghormati Lawan (fairplay)”. Tagline inilah yang menarik perhatian khalayak pecinta bola El Tari Memorial Cup.

Para penggemar bola tidak hanya datang menonton pertandingan, tetapi menikmati atraksi “Ultras Belumania” dikala Tim Manu Aman Laka’an, julukan bagi Tim Persab Belu bertanding.

Performance unik “Ultras Belumania” terekam, bahkan diabadikan. Banyak sekali di antaranya yang menggunakan  kostum unik dan khas. Para suporter sengaja mencat badan dengan beberapa huruf abjad dan menggunakan aksesoris yang lengkap. Mereka berjejer rapi dan membentuk kata. Selain itu, ada aksi supporter yang menggunakan aksesoris kepala.

Suporter rela mengeluarkan uang untuk datang mendukung dan melihat pertandingan timnya secara langsung. Kedatangan suporter didasari oleh berbagai hal, mulai dari mendukung dan mencari hiburan. Mereka berkelompok dan menyatu dalam kerumunan.

Suporter Ultras, cenderung bertindak sesuai dengan apa yang pantas sebagai norma kelompok, dengan atmosfer yang dahsyat. Suporter Belumania selalu bersemangat, bersorak, melompat kegirangan, dan membunyikan terompet sembari menyaksikan tim Persab Belu mengolah sikulit bundar.

Berikut ; Potret Gaya Heboh dan Unik “Ultras Belu Mania” dari Gelaran Liga 3 ETMC 2019 NTT di Kabupaten Malaka :

1. Para suporter Ultras Belumania sengaja mencat badan dengan beberapa huruf abjad dan menggunakan aksesoris yang lengkap.  Mereka berjejer rapi dan membentuk kata bertuliskan “BELU”.

2. Aksi dua suporter Persab Belu yang menggunakan aksesoris kepala saat Tim Persab Belu bertanding kontra Persena, Persematim, Perseftim, Persim dan Persada.

3. Salah satu luapan kegembiraan pendukung asal Belu yang menggunakan pakaian khas.

4. Kelompok suporter Belumania kompak menggunakan ikat kepala bertuliskan Persab Belu.

5. Pendukung Persab Belu merekam aksi pemain kesayangannya di lapangan.

6. Belu lolos ke babak perdelapan final Piala ETMC 2019. Para fans turut merayakannya, termasuk dua Ultras ini.

7. Pertandingan antara Persab dan Persim memang tidak menegangkan. Tapi setidaknya kedua pendukung ini menjadi atraksi tersendiri

8. Gaya fans yang satu ini penuh warna.

9. Butuh tangan terampil untuk bisa menghiasi wajah supporter Belu ini.

10. Penampilan seorang suporter Persab Belu saat menyaksikan laga Persab versus Persada dalam babak 16 besar Piala ETMC  2019 di Lapangan Umum Betun, Sabtu, 20 Juli 2019. Para suporter berdandan unik dan heboh saat mendukung tim jagoannya.

11. Dua suporter Persab Belu mengecat wajah dan tubuh mereka  saat menyaksikan laga Persab dan Persada dalam babak 16 besar Piala ETMC  2019. Gaya para suporter juga menjadi salah satu daya tarik perhelatan Piala ETMC.

14. Seorang suporter Belu mengenakan replika topi saat menyemangati tim Manu Aman Laka’an dalam laga babak 16 besar Piala ETMC  2019 di Lapangan Umum Betun, Sabtu, 20 Juli 2019.

15. Suporter Belu yang mengenakan topi, bersorak saat menyemangati tim Persab Belu dalam laga babak 16 besar Piala ETMC  2019 di Lapangan Umum Betun, Sabtu, 20 Juli 2019.

16. Suporter yang mengenakan baju khas Persab Belu bersorak saat menyemangati tim Manu Aman Laka’an dalam laga babak 16 besar Piala ETMC  2019 di Lapangan Umum Betun. Sabtu, 20 Juli 2019.

Ibarat aliran listrik, kehadiran suporter Ultras Belumania di setiap pertandingan sangatlah penting untuk menambah energi bagi tim yang dijuluki Manu Aman Laka’an.

Tentu tak seru kalau di setiap pertandingan sepak bola tidak dihadiri supporter. Para suporter bebas tampil seperti apa adanya, sekaligus sebagai penghibur bagi tim yang bertanding.(Pkpsetdabelu/Ultrasbelumania, Reynaldo/Michello/Trebor).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *