BUPATI BELU APRESIASI KEJUJURAN MASYARAKAT ASUMANU

Covid-19 Ekonomi Pembangunan Kesehatan Pemerintahan & Hukum Pendidikan & Sosbud

RAIHAT – Bupati Belu, Willybrodus Lay, SH mengapresiasi kejujuran dan transparansi yang diperlihatkan Kepala Desa dan masyarakat Desa Asumanu terkait penyaluran bantuan sosial bagi yang terdampak covid-19. Hal ini disampaikannya dalam acara penyaluran BLT yang bersumber dari Dana Desa di Desa Asumanu Kecamatan Raihat, Senin (8/6).

Pujian orang nomor satu di Belu itu tidak semata – mata keluar begitu saja, pasalnya Kepala Desa Asumanu dan jajarannya melakukan pendataan yang detail dan terperinci terhadap setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan hasilnya ditempelkan pada papan Informasi Desa untuk dicek dan diawasi oleh masyarakat dan timbal baliknya terdapat sejumlah KPM yang melapor bahwa telah terjadi pendobelan nama ataupun bantuan bagi mereka sehingga data KPM telah diperbaiki.

Terkait transparansi penyaluran bantuan sosial, hal ini sesuai yang diperintahkan Bupati Belu kepada seluruh Desa dan Kelurahan untuk menempelkan nama KPM pada papan Informasi Desa/Kelurahan sehingga adanya keterbukaan data dalam penyaluran bantuan sosial serta juga disediakan layanan pengaduan melalui call center
082 112 034 821 & 082 247 307 400 via WhatsApp/SMS sebagai pendukung untuk melayani keluhan masyarakat terkait Bantuan Sosial.

Dalam kesempatan itu, Bupati Belu juga menyampaikan bahwa kehadirannya dalam penyaluran BLT Dana Desa untuk melakukan pemantauan dan pengecekan Data KPM.
“Pembagian BLT DD ini sedikit terlambat, seharusnya bulan Mei namun karena ada data yang tumpang tindih sehingga baru disalurkan diawal Juni. Pemantauan ini dilakukan untuk mendorong setiap desa agar cepat dan cermat menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat dengan tepat sasaran dan transparan,” jelas Willy Lay.

Terkait situasi Covid-19, Willy Lay mengajak masyarakat untuk tetap bekerja di kebunnya masing – masing.
“Dalam situasi Covid-19 seperti ini ada himbauan untuk di rumah saja, namun itu bukan berarti kita tetap diam dirumah, kita boleh tetap pergi ke kebun untuk bekerja karena tidak ada covid-19 disana,” ajak Willy.

Lanjutnya, dengan tetap berkebun dapat memperkuat ketahanan pangan baik didalam rumah maupun untuk Kabupaten Belu karena hasilnya dapat dijual kepada masyarakat yang membutuhkan sehingga memperoleh uang untuk pemenuhan kebutuhan yang lain.

Diakhir sambutannya, Bupati Belu menyampaikan apabila dalam penyaluran bansos ini ada yang namanya belum masuk atau terdaftar agar berkoordinasi dan melaporkan kepada Kepala Desa, sehingga Kepala Desa bersurat ke Bupati untuk dimasukkan dalam Jaring Pengaman Sosial (JPS) agar semua masyarakat yang berhak bisa mendapat bantuan akibat dampak covid-19.

Kepala Desa Asumanu, Gervasius Bau, dalam laporan menyampaikan bahwa jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT Dana Desa Asumanu sebanyak 235 KK. Selain itu, terdapat KPM penerima Bantuan Sosial Tunai 58 KK, Perluasan Sembako 72 KK, dan Program Keluarga Harapan (PKH) 115 KK.

Gervas Bau juga menyampaikan terdapat 22 KPM di Desa Asumanu yang belum tersentuh bantuan sosial sehingga namanya telah diusulkan untuk mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten lewat Jaring Pengaman Sosial (JPS).

Dalam kesempatan yang sama, Pimpinan Kantor Perum Bulog Cabang Atambua, Naomi menawarkan solusi belanja lebih murah dan efisien kepada masyarakat Desa Asumanu melalui rumah pangan kita.
“Melalui Rumah pangan kita (RPK) milik Bulog, Masyarakat dapat berbelanja bahan pokok dengan harga yang relatif lebih murah, seperti gula yang kisaran harganya Rp. 18.000 di Toko, melalui RPK Bulog harganya Rp. 12.500. Selain itu Bulog juga dapat melayani masyarakat langsung di Desa,” tandas Naomi.

Turut hadir dalam acara penyaluran BLT DD Desa Asumanu Kadis PMD, Januaria Nona Alo, S.IP, Kasat Pol PP, Aloysius M Fahik, S.STP, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Belu, Cristoforus M. Loe Mau, SE, Kabag Administrasi Pembangunan Setda Belu, Yulita Kali Mau, Kepala Kantor Cabang Bank NTT Atambua, Pimpinan Kantor Bulog Atambua, Camat Raihat, Kapolsek, Danramil, Insan pers serta masyarakat penerima bantuan. (Prokompimbelu/RK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *