BUPATI BELU LAPORKAN SPT DENGAN e-FILING

Ekonomi Pembangunan Pemerintahan & Hukum Pendidikan & Sosbud Sosial Budaya

ATAMBUA – Bupati Belu, Willybrodus Lay, SH melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan Tahun 2019 dengan e-filing yang ditandai dengan penyerahan bukti elektronik kepada Kepala Kantor Pajak Pratama Atambua, Muchamad Arifin di Aula Lantai I Kantor Bupati Belu, Senin, (2/3).

Dalam sambutannya, Bupati Willy menyampaikan bahwa pajak merupakan sumber pendapatan negara.
“Pendapatan negara paling besar saat ini adalah pajak, termasuk pajak penghasilan pribadi. Namun jika dibandingkan dengan negara lain, pajak kita masih kecil. Oleh kerena itu, sebagai warga negara yang baik kita wajib membayar pajak,” tandasnya.

Lanjut Bupati Belu, pajak yang dibayarkan oleh wajib pajak digunakan untuk APBN.
“Setiap pajak yang kita bayarkan digunakan untuk APBN. Sehingga kita wajib membayar pajak yang nantinya digunakan kembali untuk pembangunan nasional maupun di Kabupaten Belu,” jelasnya.

Bupati Belu juga mengajak para ASN lingkup Pemkab Belu agar rutin melaporkan SPT Tahunan pajak penghasilan pribadi untuk terus mendukung pembangunan nasional.

Kepala Kantor Pajak Pratama Atambua, Muchamad Arifin pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada Bupati Belu yang telah berinisiatif melaporkan SPT Tahunan pajak penghasilan pribadi.

“Terima kasih dan apresiasi kepada Pak Bupati yang bersedia menjadi panutan dan telah berinisiatif sendiri dalam melaporkan SPT Tahunan. Diharapkan hal baik yang dilakukan seorang pimpinan ini akan diikuti oleh masyarakat dalam meningkatkan kepatuhannya,” ungkap Arifin.

Arifin juga menyampaikan bahwa Pajak merupakan penopang 80 persen bagi APBN.
“Pajak merupakan penopang 80 persen bagi APBN. Begitu pentingnya pajak, sehingga kami juga bekerja giat untuk memungut pajak demi terpenuhinya target,” jelas Arifin.

Kepala Kantor Pajak Pratama Atambua itu juga meminta kerjasama dari berbagai pihak untuk mendukung tercapainya target pemenuhan pajak.

“Kami yakin, kami tidak mungkin bekerja sendiri, oleh karena itu perlu adanya dukungan dari semua stakeholder serta terus meningkatkan sinergitas dengan tujuan pengamanan dan penerimaan APBN,” tandas Arifin.

Diakhir sambutannya, Kepala Kantor Pajak Pratama Atambua itu mengucapkan terimakasih kepada para ASN yang sudah menyampaikan SPT tepat waktu sehingga kepatuhan ASN menjadi meningkat.

Untuk diketahui, Masa penyampaian surat pemberitahuan (SPT) Tahunan pajak penghasilan (PPh) Orang Pribadi (OP) 2019 berakhir pada 31 Maret 2020.

Adapun beberapa cara yang bisa menjadi pilihan bagi wajib pajak untuk melaporkan SPT Tahunan kepada otoritas pajak yaitu, mendatangi langsung kantor pelayanan pajak (KPP), dikirim melalui pos ke KPP, melalui jasa ekspedisi di KPP terdaftar, serta menggunakan e-filing yaitu suatu cara penyampaian SPT secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Ditjen Pajak yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja. (prokompimbelu/RK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *