Penyaluran BLT Dana Desa di Desa Dualasi, Kecamatan Lasiolat oleh Bupati Belu, Willybrodus Lay, SH

BUPATI BELU SALURKAN BLT DD DI DESA DUALASI

Covid-19 Ekonomi Pembangunan Pemerintahan & Hukum Pendidikan & Sosbud

LASIOLAT – Bupati Belu, Willybrodus Lay, SH melakukan pantauan serta menyalurkan langsung Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) di Desa Dualasi, Kecamatan Lasiolat, Senin (8/6).

Disampaikan, kehadirannya di setiap desa adalah untuk memastikan bahwa bansos akibat dampak covid-19 ini harus sampai ke masyarakat secara tepat sasaran.

“Terima kasih untuk Camat dan Kepala Desa beserta perangkatnya yang telah bekerja dengan sungguh baik sehingga semua masyarakat dapat menerima bansos ini dengan adil dan merata. Saya sungguh terkesan bahwa di Dualasi ini ada beberapa anak sekolah yang kedua orangtuanya merantau atau bekerja diluar tetapi mereka berhak menerima, sekali lagi terima kasih,” ujar Bupati Belu.

Bupati Willy Lay juga menyampaikan, terkait himbauan dari pemerintah kepada masyarakat untuk tetap berada dirumah saja, masyarakat harus tetap berkebun untuk memenuhi ketersediaan pangan.
“Dalam situasi saat ini, masyarakat dihimbau untuk tetap berada dirumah, namun ini bukan berarti kita berdiam diri dirumah saja akan tetapi kita boleh melakukan aktivitas dengan tetap mematuhi protokol kesehatan terutama ditempat – tempat umum, dan masyarakat harus tetap berkebun. Hari ini juga saya membawa dengan orang Bulog agar masyarakat bisa langsung membeli sembako dengan harga yang lebih murah dan terjangkau. Ini juga dilakukan agar masyarakat tidak perlu pergi ke pasar lagi untuk berbelanja,” urai Bupati Willy.

Penyaluran BLT Dana Desa di Desa Dualasi, Kecamatan Lasiolat oleh Bupati Belu, Willybrodus Lay, SH
Penyaluran BLT Dana Desa di Desa Dualasi, Kecamatan Lasiolat oleh Bupati Belu, Willybrodus Lay, SH

Kepada masyarakat, Bupati Belu menghimbau apabila dalam penyaluran bansos ini, ada yang belum namanya belum masuk atau terdaftar agar berkoordinasi dan melaporkan kepada Kepala Desa, sehingga Kepala Desa bersurat ke Bupati untuk dimasukkan dalam Jaring Pengaman Sosial (JPS) agar semua masyarakat yang berhak bisa mendapat bantuan akibat dampak covid-19 ini.

Kepada Camat dan Kepala Desa, Bupati juga mengharapkan agar membantu mengurus Kartu Keluarga bagi masyarakat yang belum memiliki dan untuk Danramil serta Kapolsek agar turut membantu pengawasan penyaluran bansos sehingga tepat sasaran.

Kepala Desa Dualasi, Andreas Avelino Mauk melaporkan bahwa jumlah KK di Desa Dualasi sebanyak 207 dengan rincian penerima bansos yakni PKH sebanyak 74 KK, BST 25 KK, Bantuan Sembako 15 KK dan BLT Dana Desa sebanyak 128 KK.

Dilaporkan oleh Kepala Desa, untuk Desa Dualasi juga diberikan kepada anak-anak sekolah yang orangtuanya merantau ke luar daerah.

“Dari data jumlah KK yang menerima bansos akibat dan dampak dari covid-19 saya yakin semua KK menerima bantuan ini kecuali bagi yang PNS, pensiunan, veteran, TNI, Polri. Bahkan di Desa Dualasi ini kami juga memasukkan beberapa anak yang orangtuanya bekerja di luar daerah,” pungkas Andreas Mauk.

Penyaluran BLT Dana Desa di Desa Dualasi, Kecamatan Lasiolat oleh Bupati Belu, Willybrodus Lay, SH
Penyaluran BLT Dana Desa di Desa Dualasi, Kecamatan Lasiolat oleh Bupati Belu, Willybrodus Lay, SH

Untuk diketahui, demi terciptanya transparansi penyaluran bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak covid-19, Pemerintah Kabupaten Belu mewajibkan para Lurah dan Kepala Desa untuk menempelkan nama – nama Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada papan Informasi yang terdapat pada Kantor Lurah dan Desa untuk diketahui dan dicek oleh masyarakat.

Selain itu, untuk melayani laporan serta keluhan masyarakat terkait bantuan sosial akibat covid-19, Pemkab Belu menyediakan layanan pengaduan dengan Call Canter 082 112 034 821 & 082 247 307 400. Pastikan seluruh warga yang berhak menerima bantuan sosial, dan apabila ada keluhan silahkan menghubungi call center via SMS/WhatsApp disertakan dengan Nama, No. KTP, dan Alamat Lengkap.

Turut hadir dalam acara penyaluran BLT DD Desa Dualasi Kadis PMD, Januaria Nona Alo, S.IP, Kasat Pol PP, Aloysius M Fahik, S.STP, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Belu, Cristoforus M. Loe Mau, SE, Kabag Administrasi Pembangunan Setda Belu, Yulita Kali Mau, Pimpinan Kantor Bulog Atambua, Camat Lasiolat, Kapolsek, Danramil, Insan pers serta masyarakat pnerima bantuan. (prokompim/michaello)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *