BUPATI BELU SERAHKAN BLT DD DI DESA LAKANMAU, PENYALURAN TAHAP I TUNTAS.

Covid-19 Ekonomi Pembangunan Kesehatan Pemerintahan & Hukum Pendidikan & Sosbud

LASIOLAT – Dalam upaya membantu masyarakat yang rentan secara ekonomi dan sosial untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari selama pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Belu melalui Desa Lakanmau menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kepada 71 Kepala Keluarga yang diserahkan oleh Bupati Belu, Willybrodus Lay, SH kepada perwakilan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kantor Desa Lakanmau Kecamatan Lasiolat, Selasa (9/6). Dengan dilakukannya penyaluran BLT di Desa Lakanmau pada hari ini, maka Penyaluran BLT DD Tahap I bulan pertama untuk 69 Desa di Kabupaten Belu telah tuntas.

Seperti hari – hari sebelumnya, setiba di Kantor Desa Lakanmau, Bupati Belu langsung menuju papan informasi Desa untuk melakukan pengecekan nama – nama KPM serta memastikan bahwa bantuan yang disalurkan tepat sasaran dan transparan.

Pada acara penyaluran BLT DD Lakanmau, Bupati Belu dalam sambutannya menanyakan secara langsung kepada masyarakat terkait Data KPM yang ditempelkan, apabila ada kekeliruan agar dilaporkan sehingga dapat segera diperbaiki.

Willy Lay juga menyampaikan apresiasi atas ketelitian dan transparansi yang dilakukan Kepala Desa dan parangkat Desa Lakanmau.
“Terimakasih dan apresiasi kepada kepala desa dan perangkat yang sudah bekerja dengan teliti dan transparan sehingga ada pendobelan nama KPM langsung diperbaiki dan menempelkannya pada papan Informasi untuk dicek dan diawasi masyarakat,” ungkap Willy Lay.

Lanjutnya, jika dana desa tidak cukup untuk mengakomodir seluruh KPM, Pemerintah Kabupaten siap mengcover melalui Jaring Pengaman Sosial (JPS).
“Seluruh masyarakat yang berhak harus diakomodir dengan baik sehingga tidak ada yang terlewat, Penyandang disabilitas juga harus dibantu. Kalau dana desa habis, Kades usulkan untuk masuk dalam penerima Jaring Pengaman Sosial”, kata Willy Lay.

Menyikapi situasi Covid-19 saat ini, Bupati Belu meminta masyarakat untuk tetap berkebun sebagai upaya memperkuat ketahanan pangan nasional.
“Ada himbauan untuk masyarakat tetap dirumah, tapi bukan berarti kita tidak pergi kebun. Kita tetap pergi ke kebun untuk bekerja sehingga bisa penuhi kebutuhan dirumah dan memperkuat ketahanan pangan nasional. Jika selama tiga bulan petani tidak bekerja, maka kesediaan pangan akan habis,” tandasnya.

Menjelang New Normal/kenormalan baru, Willy Lay meminta masyarakat untuk disiplin Patuhi Protokol Kesehatan.
“Orang tua yang ingin pergi ke pasar minta tolong kepada yang muda untuk pergi, karena penyebaran covid lebih banyak ditempat umum dan orang tua sangat rentan terpapar. New Normal juga akan diberlakukan, tetap disiplin Patuhi Protokol Kesehatan dengan rajin mencuci tangan, menjaga jarak fisik, selalu gunakan masker dan menjaga imun tubuh agar tetap sehat,” Jelasnya.

Pimpinan Kantor Perum Bulog Cabang Atambua, Naomi menawarkan Program rumah pangan kita sebagai solusi situasi covid-19 saat ini. pasalnya, melalui Rumah Pangan Kita (RPK) masyarakat dapat berbelanja dengan harga lebih murah dibandingkan dengan harga pasar. Untuk menjadi sahabat/agen RPK, masyarakat hanya perlu mengantongi fotocopy KTP, Kartu keluar, dan surat ijin usaha atau surat keterangan dari Desa setempat.

Bank BRI sebagai mitra penyalur BLT DD Lakanmau, melalui Pimpinan cabang BRI Atambua, Stefanus Juarto menghimbau kepada masyarakat untuk menabung pada bank BRI, sehingga tersedia dana cadangan dikemudian hari untuk pemenuhan kebutuhan.

Stef Juarto juga menyampaikan bahwa BRI kembali dipercaya Pemerintah sebagai penyalur kartu tani untuk memperoleh pupuk bersubsidi yang realisasinya dalam waktu dekat ini.

Untuk diketahui, jumlah penerima BLT DD sebanyak 71 KK, penerima PKH 73 KK, penerima BPNT 15 KK. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST)  bekerja sama dengan PT. Pos Indonesia cabang Atambua kepada 38 KK .

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala BRI Kanca Atambua, Stefanus Juarto, Kepala Kantor Bulog Cabang Atambua, Naomi, Kasat Pol PP, Aloysius M. Fahik, S.STP, Kadis PMD, Januaria Nona Alo, S.IP, Kadis Pemuda dan Olahraga, Ferdinadus Bone Lau, Kabag Administrasi Pembangunan, Yulita Kali Mau, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Cristoforus M. Loe Mau, SE, Camat Lasiolat, Stef Don Peira, Danramil Kodim1605-08 Raihat, Kepala Desa Lakanmau, Zakarias Sirik, Babinsa, Babinkhantibmas, serta insan Pers. (Prokompimbelu/RK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *