BUPATI WILLY LAUNCHING KELURAHAN KEBERAGAMAN BERDAO DAN BEIRAFU

Pemerintahan & Hukum Pendidikan & Sosbud Religi

ATAMBUA, Bupati Belu, Willybrodus Lay, SH melaunching Kelurahan Keberagaman Berdao dan Beirafu Kecamatan Atambua Barat di Gedung Wanita Betelalenok Atambua, Rabu (18/12). Kegiatan ini merupakan kerjasama Pemerintah Kabupaten Belu bersama CIS Timor dan Komunitas Peacemaker Perbatasan Belu (Kompas) dengan tujuan untuk mewujudkan komitmen bersama seluruh elemen masyarakat dalam kelurahan tentang sikap saling menghargai, menghormati dan menerima perbedaan dalam keberagaman.

Dalam sambutannya Bupati Willy menyampaikan bahwa manusia itu pada dasarnya beragam, dengan keberagaman ini sikap saling menghormati dan menghargai sudah harus tertanam dan tumbuh dalam diri.

“Keberagaman yang baik harus dimulai dari dalam keluarga, segala perbedaan dalam rumah harus terlebih dahulu dihargai dan diterima. Sehingga jika ini sudah ditanamkan maka kita akan menghargai keberagaman terutama keberagaman dalam beragama,” ungkap Willy Lay.

Lanjutnya, keberagaman yang ada diantara sesama manusia merupakan kekayaan yang harus dijaga dan dilestarikan.

“Tuhan menciptakan manusia dengan beranekaragam, dan inilah kekayaan dunia dan Indonesia. Kita hidup beragam dari Sabang sampai Merauke, dengan keberagaman itu muncullah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Marilah kita saling menghargai dan mencintai keberagaman yang ada di tanah tercinta ini sebagai kekayaan dan kekuatan kita,” tandas Willy.

Menutup sambutannya Willy Lay menghimbau agar masyarakat Kabupaten Belu tetap menjaga lingkungan yang kondusif menyambut Perayaan Natal dan tahun Baru.

“Sebentar lagi Natal, saya mengucapkan Salam Damai Natal bagi umat Kristiani dan Bahagia Tahun Baru untuk seluruh masyarakat Kabupaten Belu. Salam damai Natal ini tidak hanya sekedar terucap dimulut, tapi juga dari dalam hati yang terwujud dari sikap dan tindakan nyata kita untuk tetap menjaga lingkungan yang kondusif, lingkungan yang bersahabat dalam suasana perayaan ini, dan tanggal 25 Desember nanti akan ada ramah tamah Natal di Rumah Jabatan Bupati, saya mengundang kita semua untuk merajut keberagaman bersama pada tanggal 25 nanti,” ajak Willy Lay.

Kegiatan Launching Kelurahan Keberagaman ini bertujuan untuk perwujudan komitmen bersama seluruh elemen masyarakat dalam Kelurahan tentang penerimaan atas keberagaman dan Pengesahan Kelurahan Bardao dan Kelurahan Beirafu sebagai Kelurahan Keberagaman oleh pemerintah Kabupaten Belu. Kegiatan ini juga diharapkan adanya komitmen bersama seluruh masyarakat dalam Kelurahan tentang Kelurahan keberagaman, Kelurahan keberagaman bisa diimplementasikan di Kelurahan atau Desa sebagai wujud dari Kabupaten Belu yang beragama. Penegasan Kelurahan Keberagaman ini juga dengan adanya Surat Keputusan Bupati Belu tentang pengesahan Kelurahan keberagaman.

Turut hadir dalam kegiatan ini Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat yang ada di Kabupaten Belu. Kegiatan Launching yang ditandai dengan Penabuhan Gong tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan Plakat kelurahan Berdao dan Kelurahan Beirafu, dan dilanjutkan dengan penyerahan Cendramata dari Ketua CIS Timor kepada Bupati Belu. (pkpsetdabelu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *