DI ERA KEPEMIMPINAN WILLY-OSE, BELU BERHASIL RAIH OPINI WTP

Ekonomi Pembangunan

ATAMBUA, Kabupaten Belu salah satu daerah yang berhasil meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI). Raihan opini ini tercantum dalam Laporan Hasil Pemeriksaan yang diserahkan langsung oleh Kepala BPK-RI Perwakilan Provinsi NTT Ir. Adi Sudibyo, MM  kepada Bupati Belu Willybrodus Lay, SH bersama Ketua DPRD Kabupaten Belu Januaria A. Berek, SIP di Kantor BPK-RI Perwakilan Provinsi NTT, Senin (27/5/2019). Hadir mendampingi Bupati Belu, Inspektur Inspektorat Kabupaten Belu R. Th. Jossetiyawan Manek, S.Pt dan Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Belu Drs. Marsel Mau Meta.

Informasi yang dihimpun dari sejumlah Portal Berita Online, menyebutkan, selain Pemerintah Kabupaten Belu, BPK RI juga menyerahkan Hasil Pemeriksaan Terhadap Laporan Keuangan kepada Pemerintah Kabupaten TTS, Malaka, Rote Ndao, Manggarai dan Kabupaten Kupang. Kabupaten Manggarai juga memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian, sementara 4 Kabupaten lainnya mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

Bupati Belu, Willybrodus Lay  mengatakan, raihan opini WTP merupakan perjuangan semua ASN Kabupaten Belu yang  bertekad untuk mendapat opini WTP.

“Terima kasih untuk semua ASN yang telah bekerjasama, dalam pengelolaan keuangan dan aset,” ujarnya.

Kata dia, opini WTP yang diterima karena jajaran Pemda Belu, telah mengelola keuangan dan aset secara benar dan penuh disiplin.

“Pengelolaan keuangan dan aset bukan saja pada APBD Belu, namun juga terkait dana desa dan dana BOS. Ini bukti bahwa semua jajaran sudah efektif dan efisien mengelola keuangan dan aset,” tambahnya.

Selain itu tuturnya, opini WTP yang diterima telah melalui audit yang sangat ketat dan sejumlah kekurangan telah diperbaiki dan dilengkapi, sehingga WTP menjadi imbalan. Semua pihak terutama OPD diminta untuk terus mempertahankan keteraturan dan kedisiplinan dalam mengelola keuangan dan aset daerah kedepan.

“Jangan sampai tahun mendatang kita tidak WTP lagi. Kita harus pertahankan semua. Terima kasih juga untuk DPRD Belu yang telah bersama-sama bekerja untuk Belu tercinta,” ucap Bupati Willy. (Pkpsetdabelu/Infopublik/Kilastimor.com/Trebor/Michello).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *