DINAS P3A SOSIALISASI SISTEM INFORMASI GENDER DAN ANAK

Kesehatan

ATAMBUA, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Belu melakukan Sosialisasi Sistem Informasi Gender dan Anak (SIGA). Sosialisasi SIGA berlangsung di Gedung Betelalenok Atambua, Selasa (27/8/2019).

Ketua Panitia Pelaksana, Ch. Karmel Betang, S.IP dalam laporannya menjelaskan bahwa, dalam perspektif gender dan anak terpilah menurut jenis kelamin dan umur dapat memberikan gambaran tentang pengalaman khusus dalam kehidupan sebagai laki-laki dan pengalaman hidup sebagai perempuan.

“Data gender dan anak menjadi elemen pokok bagi terselenggaranya Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Pemenuhan Hak Anak (PUHA),” katanya.

Untuk  meningkatkan mutu penyediaan data terpilah gender dan anak, Karmel Betang mengatakan, Dinas P3A mulai tahun 2018 mulai mengembangkan Sistem Informasi Gender dan Anak yang mengintegrasikan data dari berbagai bidang dalam satu aplikasi.

“Sistem ini dapat ditambah, diubah, dihapus sesuai perkembangan data,” sebut Karmel

Karmel mengakui, aplikasi SIGA saat ini belum berjalan sesuai dengan yang diharapkan, karena selain minimnya dukungan data terpilha dari organisasi perangkat daerah dan lintas sektor lainnya.

“Masih sebagian besar dari berbagai lapisan masyarakat belum mengerti tentang pentingnya data terpilah dalam mendukung upaya peningkatan pemberdayaan perempuan  dan perlindungan anak. Oleh karena itu, perlu dilakukan sosialisasi tentang data terpilah dalam Sistem Informasi Gender dan Anak,” ungkapnya.

Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan, memberikan pemahaman  data terpilah gender dan anak dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi  pelaksanaan program pemberdayaan perempuan, perlindungan perempuan dan perlindungan anak. Selain itu untuk memperkenalkan, aplikasi sistem informasi gender dan anak. Sosialisasi SIGA melibatkan 100 orang peserta yang terdiri-dari ; unsur Forkopimda, OPD, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Organisasi Perempuan, Pimpinan LSM dan Forum Anak. (Pkpsetdabelu/Trebor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *