INDONESIA ITU SPORTIF, KALAH YA KALAH, MENANG YA MENANG

Pendidikan & Sosbud

ATAMBUA, Wakil Bupati Belu, Drs. J. T. Ose Luan menegaskan, Indonesia itu sportif, kalah ya kalah, menang ya menang. Penegasan itu disampaikan kepada 337 atlit  Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang akan bertanding di Gedung Olahraga L. A. Bone Atambua, Kamis (23/5/2019).  Tema yang diusung dalam kegiatan O2SN jenjang SD  dan SMP tingkat Kabupaten Belu tahun 2019 ini  yakni “Melalui Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Membentuk Pelajar Yang Berprestasi Akademis, Olahraga Dan Berbudi Pekerti Luhur”.

Wabup Ose menyampaikan, agar setiap elemen pertandingan mulai dari Panitia, Wasit, Peserta, Official dan petugas lainnya harus bersikap sportif dan obyektif dalam suatu pertandingan.

“Berbagai elemen pertandingan yang terlibat dari wasit, peserta, Official, dan petugas lainnya harus bersikap sportif dan obyektif sehingga olahraga yang dipertandingkan memiliki bobot nilai yang dapat dibanggakan. Olahraga atau olah tubuh yang dilakukan dengan berbagai macam cara tersebut, akan membentuk manusia untuk sehat, menanamkan nilai sportivitas, mendidik orang untuk bersikap obyektif, menanamkan nilai profesional dalam diri untuk menerima semua hasil yang di dapat,” ujarnya.

Kata Wabup, sportivitas itu dimulai dari diri sendiri. Ciri orang Indonesia yang baik dan generasi penerus bangsa  yang baik adalah menjunjung tinggi sportivitas.

“Didiklah dari dalam diri sportivitas itu, baru mendidik orang yang lain untuk sportif. Jadilah benar jika benar dan salah jika salah, Indonesia itu seperti itu. Sebagai generasi penerus bangsa, jadilah sportif untuk menerima segala hasil yang di dapat, apapun itu hasilnya. itulah Indonesia”, tandas Ose Luan.

Wabup berpesan, agar setiap peserta dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi setiap pertandingan yang akan digelar dalam O2SN ini.

“Selamat bertanding, siapkan diri secara baik, bertandinglah yang baik, sportif dan profesional sehingga kalian – kalian layak tampil di Provinsi membawa nama Kabupaten Belu”, imbuh Wabup Ose Luan.

O2SN sendiri merupakan sebuah event Nasional untuk menemukan bibit-bibit baru Indonesia dalam bidang Olahraga. O2SN tingkat Kabupaten Belu diselenggarakan mulai tanggal 23 – 25 Mei 2019. Adapun Tujuan kegiatan O2SN ini yakni ; 10. Meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang Olahraga yang berasaskan pendidikan karakter meliputi, religius, integritas, nasionalisme, mandiri dan gotong royong; 2). Mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam bidang Olahraga; 3). Meningkatkan kesehatan jasmani dan prestasi akademik; 4). Meningkatkan kecintaan dan apresiasi terhadap bidang Olahraga; 5). Melatih sportivitas dan olahraga; dan 6). Meningkatkan persatuan dan kesatuan antar peserta didik diseluruh Indonesia.

Cabang olahraga yang dilombakan dalam O2SN tingkat Kabupaten Belu tahun 2019 yakni ; Atletik, Karate, Pancak Silat, Bulu tangkis, dan Renang. Adapun jumlah peserta lomba ; 377 orang, dengan rincian SD 200 orang dan SMP 177 orang, Rincian Percabang Olahraga yakni : Atletik (162 orang) dengan rincian SD (92) dan SMP (70); Karate (36 orang) dengan rincian SD (20) dan SMP (16); Pencak Silat (37 Orang) dengan rincian SD (8) dan SMP (29); Bulu tangkis (67 orang) dengan rincian SD (34) dan SMP (33) serta Renang (77 orang) dengan rincian SD (46) dan SMP (31). (Pkpsetdabelu/Reynaldo Klau)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *