JUARA UMUM LOMBA MEMANCING DI GANJAR 15 JUTA RUPIAH

Ekonomi Pembangunan Pariwisata Sosial Budaya

KAKULUK MESAK, Lomba Memancing seri ke – IV Piala Bupati Belu tahun 2019 kembali digelar. Lomba yang diikuti oleh 93 Tim  ini akan memperebutkan total hadiah senilai Rp. 100 Juta. Pelepasan peserta oleh Bupati Belu, Willybrodus  Lay, SH berlangsung di Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Atapupu, Desa Jenilu, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (8/6/2019).

Peserta Lomba Memancing Seri IV Piala Bupati Belu 2019 terbagi dalam 3 kelas yakni, kelas pantai, kelas tradisional dan kelas profesional. Dalam kelas pantai, peserta bebas memakai piranti seperti  joran (rod), dan penggulung kenurnya (reel). Mata kail yang digunakan maksimum 5 mata kail. Sedangkan dalam kelas tradisional, peserta wajib menggunakan alat pancing hand line, Mata kail yang digunakan maksimum 5 mata kail. Sementara untuk kelas profesional, peserta wajib menggunakan piranti yang standar : joran dan reel (penggulung) alat pancing hand line, Mata kail yang digunakan maksimum 5 mata kail.

Sesuai jadwal, peserta di lepas pada hari Sabtu, (8/6) siang pukul 12.00 wita. Peserta lomba akan kembali untuk penimbangan pada keesokan harinya, Minggu, (9/6) siang, Pukul 12.00 wita.Wilayah lomba memancing meliputi TPI Atapupu dan Pelabuhan Pelni untuk kelas pantai, sedangkan untuk kelas tradisional dan professional meliputi wilayah territorial laut Indonesia.

Bupati Belu mengatakan, Pemerintah sedang mempersiapkan kalender tetap di tahun 2020, untuk pelaksanaan kegiatan lomba memancing. Menurutnya, dengan jadwal yang ada, komunitas memancing, baik dari luar Kabupaten Belu bahkan negara Timor Leste dapat berpartisipasi di kejuaraan ini. 

“Kalau ada banyak peserta yang datang, selain memancing mereka juga dapat menikmati spot-spot wisata bahari  yang sudah kita siapkan,” ujarnya.

Selain itu, Bupati Belu mengatakan hasil tangkapan perlu di promosikan dan dipublikasikan.

“Tahun depan kita akan buat take and realease untuk ikan marlin. Jika ada yang dapat diukur terlebih dahulu, didokumentasikan, diberi label dan dapat dilepas kembali,” katanya.

Bupati Lay juga menyampaikan terima kasih kepada kru Trans 7 yang sudah berpartisipasi dalam lomba mancing Piala Bupati Belu untuk yang kedua kalinya.

“Terimakasih untuk Mas Bayu dan seluruh kru trans 7 yang sudah berpartisipasi dalam lomba mancing Piala Bupati Belu di wilayah perbatasan RI –RDTL,” ucap Willy Lay.

Pelaksanaan lomba memancing seri – IV Piala Bupati Belu ini bertujuan untuk menggalang kebersamaan dan menyatukan visi untuk kemajuan pengembangan ekonomi masyarakat yang berbasis kelautan, sebagai ajang penyaluran hobi bagi masyarakat luas sekaligus turut serta mempromosikan potensi kelautan dan perikanan yang ada di Kabupaten Belu dan menyebarluaskan kesadaran dan cinta bahari serta turut menjaga dan mempertahankan kelestarian sumberdaya kelautan dan Perikanan. (Pkpsetdabelu/Reynaldo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *