KEMENAG RI AKAN BANGUN GEDUNG SMAK DI RAIMANUK

Pendidikan & Sosbud Religi

RAIMANUK,  Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belu  akan  membangun Gedung Sekolah Menengah Atas Katolik (SMAK) di Desa Renrua, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu. Komitmen untuk membangun Lembaga Pendidikan Menengah Agama Katolik itu, dibuktikan dengan kehadiran Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama Republik Indonesia (Bimas Katolik RI) di Desa Renrua, Senin (1/4/2019). Harapan masyarakat Belu khususnya Kecamatan Ramainuk bahwa melalui kunjungan kerja ini, semua elemen  masyarakat Belu dapat menyatukan tekad demi pembangunan Sekolah Menengah Atas Agama Katholik St. Agustinus Raimanuk guna mencerdaskan Anak Bangsa dan Gereja Katholik.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belu, Drs. Ope Rafael mengatakan Kehadiran Bupati Belu dan Bimas Katolik Kementerian Agama RI dapat mewujudkan impian masyarakat Kecamatan Raimanuk.

“Bapak Bupati sangat menyayangi masyarakat Belu, khusus Bapak Ibu di Mandeu ini. Beliau membuka jalan dari titik star Atambua ke sini dan hari ini di depan kita hadir Bupati Belu  bersama Dirjen Bimas Katolik untuk mengikuti peristiwa yang sangat penting di Raimanuk. Ini satu kebanggaan buat kita semua,” ungkap Opa Rafael.

            Kakanmenag Belu  menjelaskan, kehadiran SMAK St. Agustinus Raimanuk sama seperti Sekolah Menengah Umum lainnya.

“Bahwa SMA Katolik St., Agustinus Raimanuk  memiliki kurang lebih 7 (tujuh) les khusus Agama sebagai ciri khas Sekolah Katolik yang kita harapkan bersama. Kita juga patut mengapresiasi niat baik para penggagas untuk membantu Pemerintah Daerah dalam mencerdaskan anak bangsa dan memajukan kehidupan menggereja di daerah ini,” kata Opa Rafael.

            Lebih jauh  Opa Rafael mengungkapkan,  output yang kita harapkan tidak  hanya pada perolehan nilai agama yang tinggi, tetapi nilai iman yang menggereja.

“Selain Seminari yang sekarang kita punya, kini datang lagi SMAK. Kita berharap dia lebih dekat, lebih menyatu dengan masyarakat,” ucapnya.

Kehadiran Dirjen Bimas Katolik di Raimanuk adalah untuk melihat secara langsung lokasi pembangunan gedung SMK sekaligus berdialog secara langsung dengan masyarakat terkait harapan, semangat dan keinginan kuat  yang tumbuh dari umat untuk membangun lembaga pendidikan di daerah ini.

“Kita berharap dan berdoa kepada Bapak Dirjen dan Bupati Belu sehingga sesegera mungkin memberi apresiasi secara hukum, agar rencana besar ini bisa  diwujudnyatakan sesuai harapan masyarakat untuk menjadikan lembaga pendidikan ini sebagai  salah satu Sekolah Menengah Agama Katolik Pertama di Kabupaten Belu,” ujar Opa.

            Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belu ini juga meyakini bahwa kehadiran SMAK St. Agustinus Raimanuk sangat layak karena didukung 4 (empat) Lembaga Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan 17 (tujuh belas ) Lembaga Pendidikan Dasar (SDK/SDI) di Kecamatan Raimanuk “Mudah-mudahan dengan dukungan sekolah-sekolah ini dapat membesarkan bahkan  menjadi spirit bagi terbentuknya Sekolah Menengah Agama Katolik Pertama di Kabupaten Belu. Semoga pertemuan hari ini berkenan menjadi peristiwa pertama bagi kita semua,   untuk menumbuhkembangkan kehidupan pendidikan kita khusus di Kecamatan Raimanuk menuju masa depan yang lebih baik,” ungkapnya. (pkpsetdabelu/Iryanto Tlonaen).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *