KISAH SUNYI PENCIPTA LIRIK SYAIR “HUJAN”

Pariwisata

ATAMBUA, Klemens Hilarius Seran Wilik adalah salah satu penyanyi dan pencipta lagu asal daerah perbatasan RI-RDTL, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pada 2019, ayah dari Safira, Starla dan Aprilio ini menjadi perbincangan karena lagu ‘Hujan ‘ dengan bait lirik yang dilantunkan penyanyi papan atas Indonesia, KAKA SLANK, di panggung Festival Fulan Fehan ke 3, Senin (28 oktober 2019) di Desa Dirun, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, Provinsi NTT-Timor-Indonesia. Ia terinspirasi menulis lirik lagu hujan, akibat kekeringan dan kemarau yang panjang.

Suami dari Frida B. Fahik ini mahir bermain gitar.  Ia juga menguasai teknik bernyanyi yang mumpuni. Sementara kemampuan bernyanyinya, sudah ditunjukkan lewat beberapa album yang ia telurkan.

Emen S. Wilik adalah musisi yang jauh dari hingar bingar sorotan media. Ia bahkan tidak menjadikan panggung sebagai media untuk melegitimasi jalan panjang karier musiknya di Belu.

Barangkali, kita mengenalnya sebagai pencipta lagu “Syair Hujan”. Kendati demikian, Emen justru sudah meniti karier seninya sejak lama. Sejak masih di bangku SMAK Suria Atambua, Emen terpanggil untuk memulai aktivitas keseniannya dalam paduan suara SMA, hingga  bergabung dengan beberapa grup musik di kota ini.

Studio yang didirikan pada tahun 2000-an,  menjadi semacam ruang berkumpul dan melahirkan banyak seniman di Belu. Ia kemudian menjadi orang di belakang layar yang banyak menangani lagu dan album dari banyak penyanyi-penyanyi  lokal asal Belu, Malaka, TTU dan Timor Leste. Bukan itu saja, hingga sekarang ia sudah menulis   300-san syair lagu.

Berikut lirik lagu “Hujan” yang dinyanyikan KAKA SLANK :

OH HUJAN DATANGLAH

KAMI KEKERINGAN

BASAHI TANAH INI

DAN SEGARKAN RUMPUT-RUMPUT ILALANG

OH HUJAN TURUNLAH

KAMI KEGERSANGAN

BASAHI BUMI INI

DAN SEGARKAN ALAM SEMESTA

REFF,

OH HUJAN DATANGLAH

BASAHI TANAH INI DARI KEKERINGAN

OH HUJAN

TURUNLAH

SEGARKAN ALAM INI DARI KEGERSANGAN** (Pkpsetdabelu/Trebor).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *