KONTINGAN KABUPATEN BELU RAIH JUARA II UMUM DI ARENA POPDA IV NTT 2019

Pendidikan & Sosbud

ATAMBUA, Kontingen Kabupaten Belu yang berkekuatan 150 atlet dan official pada enam cabang olahraga, berhasil mendulang 19 medali emas, 21 medali perak dan 26 medali perunggu. Hal tersebut menempatkan Kabupaten Belu sebagai Juara II Umum POPDA keempat NTT 2019 di Kupang. 

Kesuksesan Kontingen Kabupaten Belu meraih juara dua umum pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah NTT keempat Tahun 2019 di Kupang, karena terbukti mendominasi perolehan medali emas, perak maupun perunggu setelah kota Kupang pada 5 cabang olahraga yakni, Kempo, Atletik, Taekwondo, Karate, Pencak Silat dan Tinju.

Adapun Cabang Olahraga (Cabor) yang dipertandingkan ada 6 (enam) yakni Silat, Kempo, Tinju, Taekwondo, Karate dan Tarung Derajat. Hasil yang dicapai yakni Belu berhasil meraih Juara II Umum dengan perincian medali per Cabor adalah Cabang Olahraga IPSI Emas 4, Perak 5 Perunggu (Juara I Umum); Cabor Karate Emas 4, Perak 3, Perunggu 6 (Juara II Umum); Cabor Tinju Emas 5, Perak 5, Perunggu 6 (Juara II Umum); Cabor Kempo Emas 5, Perak 4, Perunggu 9 (Juara II Umum); Cabor Taekwondo Emas 1, Perak 3, Perunggu 4 (Juara IV Umum); Cabor Tarung Derajat Emas 0, Perak 1, Perunggu 4 (Juara VII).

Terkait hasil perolehan 19 medali emas, 21 medali perak, dan 26 medali perunggu, Wakil Bupati Belu

Drs. J. T. Ose Luan merasa bangga. 

Menurut Wabup Belu,  prestasi kontingen Kabupaten Belu pada POPDA keempat 2019 lebih baik dari POPDA ketiga 2018. Keberhasilan tersebut juga dinilainya ada perubahan peningkatan proses pembinaan olahraga di Kabupaten Belu.

“Selamat dan sukses untuk para atlet yang telah mengharumkan nama Kabupaten Belu di ajang POPDA IV Provinsi NTT. 

Kita harus tetap berjuang dan Pemerintah akan berusaha agar para atlet yang berprestasi diberikan penghargaan,” katanya di Acara Penerimaan Kontingan Kabupaten Belu, Senin (1/7/2019) di Lantai 1 Kantor Bupati Belu.

Wabup berharap,  agar POPDA tahun depan,  Belu dapat meraih hasil yang lebih baik lagi.

“Seluruh cabor yang kita turut ambil bagian kita berada dalam 10 besar. Ini merupakan sukses yang baik untuk tahun-tahun yang akan datang,” ujarnya.

Menyinggung atlet-atlet berprestasi,  Wabup mengatakan koordinasi Dispora dan Koni harus terus ditingkatkan, mengingat bentuk perhatian kepada para atlet berpretasi.

“Harus ada koordinasi dengan KONI karena mereka-mereka ini adalah atlet-atlet yang besok-besok bisa direkrut setelah mereka tamat dari sekolah,” tandasnya.

Terkait pembinaan, Wabup Ose mengutarakan, pembinaan cabang olahraga (cabor) tidak berhenti pada kewenangan Dinas atau KONI tetapi pembinaannya berjenjang mulai dari bawah.

“Untuk adik-adik yang sudah berprestasi harus tekun berlatih, jangan puas sampai disini karena tahun depan tantangannya lebih berat lagi. Kepada para Ketua, pengurus, pelatih dan pendamping cabor, saya mengucapkan terima kasih dan semoga tahun depan kita lebih banyak mengikuti cabor-cabor yang dipertandingkan,” imbuh Wabup.

Sekretaris Daerah Kabupaten Belu, Drs. Petrus Bere selaku pembina menyampaikan apresiasi kepada para atlit yang sudah berjuang mengharumkan nama Kabupaten Belu.

“Pertumbuhan olahraga di Kabupaten Belu luar biasa. Ada beberapa cabor yang menjadi favorit yakni tinju, silat, karate, kempo dan semakin banyak cabor yang mulai bermunculan. Ini luar biasa oleh karena itu sebagai Pembina saya mau menyampaikan agar jangan bangga dengan medali yang ada, tetapi harus terus berupaya karena didepan kita masih banyak event-event  di daerah, provinsi maupun di tingkat nasional,” tukasnya.

Sekda Bere berharap agar prestasi yang sudah diraih terus ditingkatkan sehingga akan muncul banyak wakil kita di ajang POPNAS.

“Jangan bosan-bosan latihan, jangan karena sudah meraih medali emas terus mulai berhenti latihan.

Mudah-mudahan tahun depan banyak perwakilan kita yang lolos mengikuti POPNAS. Saya harap semangat ini tidak pernah turun, mari kita terus berlatih,” ajak Sekda. (Pkpsetdabelu/Michello).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *