MENUJU 8 BESAR LIGA 3 PIALA ETMC 2019 MALAKA, SISA 6 TIKET MILIK SIAPA?

Olahraga

ATAMBUA, Kompetisi Liga 3 Piala El Tari Memorial Cup 2019 Malaka  telah melewati 5 pertandingan pekan ini. Terhitung sudah ada 2 Tim yang telah memastikan diri lolos ke babak 8 besar Liga 3 ETMC, dan masih tersisa 6 tiket  untuk memenuhi kuota tersebut. Dua tim yang telah memastikan diri lolos ke babak 8 besar adalah Persemal Malaka (Juara Grup A) dan Perss Soe (Runner Up Grup A).

Pertandingan terakhir atau tepatnya matchday ke-4 akan digelar hari ini sampai 18 Juli mendatang. Dan masih ada 10 tim yang berpeluang untuk mengisi enam sisa jatah lolos ke babak selanjutnya. Masih ada Perse Ende, Persesba, Persap Alor, Perseftim, Persab, Persematim, Persim, Persamba, Persada dan Bintang Timur.

Persaingan di grup A sudah usai, Tim tuan rumah Persemal Malaka telah mengantongi 1 tiket menuju babak 8 besar. Tim Manu Meo Malaka berhasil menekuk perlawanan Persami Maumera dengan skor telak 4-1. Persemal berhasil menoreh 13 poin dan memastikan diri sebagai kampiun grup A.  Perss Soe  memastikan 1 tiket di Grup A mendampingi Tim Tuan Rumah sebagai runner up, setelah menghentikan langkahg PSKN Kefamenanu dengan skor 2-0.  Sementara PSK Kupang berhasil menaklukkan PS Kabupaten Kupang dengan skor telak 4-2.  Kedua tim ini bersama Persami  dan PSKN harus tersingkir dan pulang kampung.  PSK Kupang dan PSKN berhasil menoreh poin 6, sedangkan PS Kabupaten Kupang dan Persami Maumere masing-masing hanya mengantongi 3 poin.

Grup D menjadi yang paling sengit, pasalnya belum ada perwakilan grup tersebut yang memastikan diri lolos. Persamba, Persada dan Bintang Timur, masih memiliki peluang untuk lolos. Persamba dan Persada masih menduduki posisi pertama dan kedua dengan torehan poin 7, sedangkan Bintang Timur baru mengoleksi 4 angka  dengan menyisahkan 1 laga. Bagi Tim Macan Batas, harus berjuang habis-habisan melawan Persarai Sabu Raijua yang sudah lebih dahulu tersingkir dengan meraih angka kemenangan. Jika kalah atau seri, Bintang Timur  harus  merelakan rival-rivalnya melaju ke babak 8 besar.  Persebata Lembata  memiliki nasib yang sama dengan Persarai, setelah menelan kekalahan Persada Sumba Barat Daya dengan skor 2-1.

Persada SBD tentunya akan bertarung habis-habisan untuk memetik angka penuh di satu laga tersisa.  Jika menang,  Tim SBD  akan menjuarai grup D dengan catatan tidak pernah kalah selama laga babak penyisihan Grup D. Persada bakal mengantongi poin 12 dari 4 kali pertandingan.  Sementara Persamba Manggarai Barat juga belum aman di posisi puncak grup D, pasalnya dia harus mengalahkan Persada SBD  di laga tersisa, untuk  memastikan 1 tiket ke babak 8 besar.

Persaingan di grup B dan C juga tidak kalah sengit, namun pada kedua grup tersebut masing-masing hanya butuh satu tim untuk lolos. Persaingan di grup B menyita perhatian para bola mania, di grup ini ada juara bertahan Perse Ende yang sudah memastikan 1 tiket di babak 8 besar dengan torehan poin 9.  Dilaga tersisa, jika Perse Ende menang, dengan 12 poin yang dikantongi sudah dapat mengukuhkan Laskar Kelimutu di puncak grup B.  Pertandingan di laga sisa, tidak berpengaruh pada posisi Laskar Kelimutu untuk tetap menjuarai grup B. Sementara runner up grup B, akan ditentukan  pada laga sisa. Persap Alor harus memenangkan pertandingan melawan Perse Ende, jika tidak ingin tersingkir di babak penyisihan ini, mengingat Persesba telah mengunci poin 5 dari 4 laga yang dimainkan. Jika seri, baik Persap Alor maupun Persesba, sama-sama berpeluang untuk mendampingi Perse Ende, karena sama-sama mengantongi nilai 5. Sementara Perserond dan Putra Oesao dilaga sisa nanti, tidak akan merubah kedudukan apapun. Kedua Tim ini sudah lebih dahulu tersingkir dari persaingan grup B.

Persaingan menarik lainnya di grup C, Persab Belu, Persematim dan Persim, sama-sama berpeluang mendampingi Perseftim yang sudah mengantongi 1 tiket ke babak 8 besar. Dalam laga tersisa, Persab Belu harus mengamankan 3 poin untuk mendampingi Perseftim. Jika Tim Manu Aman Lakaan kalah, Persematim dan Persim sama-sama perpeluang untuk lolos ke babak 8 besar. Menariknya lagi, jika bermain seri, Persab Belu mengantongi poin 6. Sementara laga antara Persematim  dan Perseftim, sangat berpengaruh pada posisi runner up, jika Persematim menang, posisi runner up akan ditentukan dengan selisih gol mengingat kedua tim sama-sama mengantongi poin 6.  Sementara Tim Persena Nagekeo yang mengoleksi poin 4 sudah lebih dahulu tersingkir setelah mengalami kekalahan 3-2 di laga sisa melawan Perseftim.

Patut ditunggu tim mana saja yang mampu melengkapi jatah 6 tim yang lolos ke babak 8 besar Liga 3 Piala ETMC 2019 Malaka. Dua tim kejutan, Bintang Timur harus berjuang habis-habisan, sementara Putera Oesao lebih dulu tersingkir, kendati masih menyisahkan 1 laga. (pkpsetdabelu/michello/trebor).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *