PANTAU PENYALURAN BLT DD KABUNA TAHAP I BULAN II, BUPATI HIMBAU MASYARAKAT UNTUK TETAP BERKEBUN.

Covid-19 Ekonomi Pembangunan Istimewa Pemerintahan & Hukum Pendidikan & Sosbud Sosial Budaya

KAKULUK MESAK – Untuk memperkuat ketahanan pangan, masyarakat harus tetap berkebun. Hal ini disampaikan Bupati Belu, Willybrodus Lay, SH dalam acara penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa tahap I bulan II bagi 294 Kepala Keluarga di Desa Kabuna Kecamatan Kakuluk Mesak, Rabu (17/6).

 

Bupati Belu menyampaikan bahwa himbauan Pemerintah untuk masyarakat tetap berada di rumah bukan berarti hanya berdiam diri di rumah.

“Himbauan pemerintah agar masyarakat tetap berada di rumah bukan berarti duduk diam dirumah, namun kita harus tetap bekerja di kebun sehingga ketahanan pangan kita pun kuat,” terangnya.

 

Lanjutnya, Desa Kabuna berada pada Daerah Aliran Sungai Talau, sehingga memiliki potensi untuk bercocok tanam.

“Saya menghimbau kepada masyarakat Kabuna untuk bercocok tanam karena letaknya dipingir sungai, Kabuna harus mempunyai satu produk unggulan dan hortikultura di Kakulukmesak harus dimulai dari Kabuna,” harap Willy.

Terkait kendala yang dihadapi saat bercocok tanam, Bupati Belu meminta kepala desa untuk berkoordinasi dan selalu berkomunikasi dengannya.

“Jika ada kandala untuk menarik air ataupun membajak lahan, saya akan bantu dengan pompa air dan traktor,” tandasnya.

 

Dalam situasi Covid-19 seperti ini, Willy Lay meminta masyarakat untuk hindari tempat – tempat umum jika tidak ada kebutuhan yang mendesak.

“Kita harus mengurangi kegiatan di tempat umum seperti pasar, dan lebih banyak beraktivitas di kebun,” imbuhnya.

 

Menutup sambutannya, Bupati Belu menyampaikan bahwa terkait Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang belum tercover oleh BLT DD akan dimasukan dalam Jaring Pengaman Sosial (JPS) sehingga semua KPM dapat menerima haknya.

“Masyarakat tidak perlu ribut, jika ada yang keberatan dapat dilaporkan, dan untuk KPM yang belum tersentuh BLT DD akan dimasukan dalam JPS untuk ditindak lanjuti,” Ujarnya.

Kepala Desa Kabuna, Adrianus Yoseph Laka dalam kesempatan tersebut melaporkan bahwa terdapat 294 Kepala Keluarga yang menerima BLT DD.

 

Lebih lanjut, terdapat 156 KK yang belum tercover oleh dana desa, dan namanya telah didata dan dimasukan kedalam JPS Kabupaten.

 

Adrianus juga menyampaikan bahwa Penyaluran BLT DD ini bekerjasama dengan Bank BNI.

 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kadis PMD Belu, Camat Kakuluk Mesak, TNI dan Polri. (Prokompimbelu/RK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *