Pelantikan Ketua TP.PKK Kecamatan

Pelantikan Ketua TP.PKK Kecamatan

Ekonomi Pembangunan Pendidikan & Sosbud Sosial Budaya

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) Kabupaten Belu, Ny. Lidwina Viviawaty, Ng melantik Ketua TP.PKK 9 Kecamatan dan Pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan di Gedung Betelalenok Atambua, Selasa (28/1).

Dalam sambutannya, Ny. Viviawaty mengucapkan proviciat dan apresiasi kepada Ketua TP.PKK dan Bunda PAUD Kecamatan yang baru dilantik semoga bisa menjalankan amanah dan tanggung jawab yang dipercayakan.

“Proviciat kepada para Bunda PAUD Kecamatan dan Ketua TP. Penggerak PKK kecamatan yang baru dilantik, semoga bisa menjalankan amanah dengan penuh tanggung jawab dan cinta dan jadikan amanah ini, sebagai wujud dukungan kepada suami yang sudah dipercayakan menjadi kepala kecamatan,” ucapnya.

Viviawaty juga menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang di bangun selama ini dari para Ketua TP.PKK dan Bunda PAUD kecamatan yang lama.  

“Saya juga ucapkan terimakasih khusus kepada Ibu – ibu Ketua TP.PKK Kecamatan sebelumnya yang sudah bekerja keras mengemban tanggung jawab dan tugas sebagai Ibu TP. PKK Kecamatan,”tandasnya.

Viviawaty menerangkan Gerakan PKK adalah gerakan nasional pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat.

Keberadaan kaum perempuan yang terwadahi dalam organisasi PKK memiliki peran yang strategis dalam rangka meningkatkan pemberdayaan kesejahteraan keluarga serta membantu tugas – tugas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dijelaskan pula PKK juga mendukung gerakan nasional dalam mensosialisasikan gerakan mengurangi angka stunting, sosialisasi seribu hari pertama kelahiran (HPK), dan gerakan nasional lainnya.

Wujud peranan strategis PKK dalam membantu tugas pemerintah dapat dilihat dari 10 program pokok PKK yang sangat sinergis dan selaras yaitu penghayatan dan pengamalan pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tatalaksana rumah tangga, pendidikan, ketrampilan kesehatan, pengembangan hidup berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat.

Karena itu, sebagai Ketua TP.PKK Kabupaten dirinya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Belu selaku Pembina PKK Kabupaten Belu dan Wakil Bupati serta Pimpinan OPD yang telah mensuport dan mendukung kegiatan PKK.

”saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati dan Wakil Bupati yang selalu mendukung kami selaku Ketua TP. PKK Kabupaten juga sebagai Bunda PAUD dan juga kepada pimpinan OPD yang mendukung kami dengan melibatkan PKK dalam program kerja, Semoga tahun ini semakin banyak dukungan kepada kami terutama dalam bidang pertanian untuk Ibu – ibu kelompok PKK Desa, pelatihan – pelatihan, pemberdayaan, dan koperasi.”ucapnya.

Menutup sambutannya, Ny. Lidwina Viviawati mengucapkan terima kasih kepada Save the children yang telah banyak membantu lembaga PAUD dalam kegiatan – kegiatan pelatihan

“saya ucapkan juga terima kasih untuk save the children yang selama ini sebagai mitra utama PAUD Kabupaten Belu yang banyak membantu Bunda PAUD, banyak membantu lembaga PAUD dalam Hal pelatihan. Walaupun akan berakhir pada bulan Maret saya harapkan save the children dapat melanjutkan program – program di Kabupaten Belu,” tandasnya.

untuk diketahui ke-9 Ketua TP.PKK kecamamatan yang dilantik yakni Kecamatan Kota Atambua, Ny. Yovita Kai Buti, Kecamatan Atambua Barat, Ny.Maria Bernadeta, Kecamatan Tasifeto Timur, Ny. Widarwati Nis’atur Rodliyah, Kecamatan Raimanuk, Ny.Roswita Arkanju, Kecamatan Kakuluk Mesak, Ny.Agustina Seuk, Kecamatan Lamaknen, Ny.Josefina I. M Mau Luma, Kecamatan Atambua Selatan, Ny.Maria Fatima Mali, Kecamatan Raihat, Ny.Maria Laurentia Fahik  dan Kecamatan Tasifeto Barat, Ny.Agustina Baria.

Sementara Bupati Belu, Willybrodus Lay dalam sambutannya memberikan proviciat kepada Ketua TP.PKK dan Bunda PAUD Kecamatan yang baru dilantik.

“Dukunglah suami sebagai kepala wilayah di Kecamatan masing- masing dengan memberikan pikiran  pikiran positif untuk membangun wilayah dan masyarakatnya,”ucapnya.

Lanjutnya, Bupati Willy mengucapkan terima kasih dan Apresiasi kepada Ketua TP.PKK dan Bunda PAUD yang lama atas pengabdian dan kerjasamanya.

“Untuk Ketua TP.PKK dan Bunda PAUD yang telah mengabdi terima kasih banyak atas kerjasama yang baik, dan harapan saya walaupun bunda PAUD yang lama sudah tidak  lagi menjadi Bunda PAUD tapi tetap berkarya di Lembaga PAUD,”tandasnya.

Kepada para Camat, Bupati Willy menegaskan agar berkordinasi dengan pemerintah Desa agar di setiap Desa harus di bangun PAUD dan pembiayaan menggunakan dana Desa.

Lanjutnya, Bupati Lay menugaskan Bunda PAUD Kecamatan agar selalu memantau dan mengawasi tumbuh kembang anak di wilayahnya masing – masing.

“ Bunda PAUD diharapkan mengawasi sekolah – sekolah PAUD yang ada dalam hal makanan tambahan seperti susu, kacang hijau dan telur apakah mereka sudah memberikan atau belum,”tandasnya.

Pemerintah Kabupaten juga akan mensuport dana untuk kegiatan makanan tambahan untuk mencegah stunting di Kabupaten Belu.

Turut hadir dalam pelantikan Ketua Dewan Pembina TP.PKK Kecamatan Kota, Pimpinan OPD Kab. Belu, Camat Se-Kab. Belu, Perwakilan Save the Children Atambua serta Anggota TP.PKK Kabupaten (prokompim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *