PEMKAB BELU APRESIASI KEHADIRAN KOPDIT SWASTI SARI HALILULIK

Pemerintahan & Hukum

ATAMBUA, Pemerintah Kabupaten Belu memberi apresiasi atas kehadiran Kantor Kas Koperasi Simpan Pinjam (KSP) “Kopdit Swasti Sari” Halilulik di Desa Naekasa, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu. Hal itu disampaikan Bupati Belu Willybrodus Lay, SH melalui Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sekda Belu, Drs. Arnoldus Bria Seo di acara Peresmian Kantor Kas KSP Kopdit Swasti Sari Halilulik, Rabu (29/5/2019).

“Pada kesempatan ini, saya atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Belu menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pengurus dan pengelola serta seluruh anggota KSP Kopdit Swasti Sari Cabang Atambua serta semua pihak yang dengan ikhlas memberikan dukungannya sehingga gedung ini bisa berdiri  seperti sekarang ini. Kehadiran Kantor Kas Kopdit Swasti Sari Halilulik akan memberikan andil yang signifikan terhadap pemberdayaan ekonomi rakyat melalui peningkatan kesejahteraan anggota dan masyarakat pada umumnya. kepada seluruh anggota, diharapkan agar lebih memanfaatkan keberadaan koperasi ini, sehingga koperasi tersebut bisa bergerak maju dan lebih baik dari sebelumnya,” imbau Bupati Belu.

Bupati mengatakan,  koperasi sebagai badan usaha yang berdasarkan atas azas kekeluargaan harus dapat memberi jawaban, yakni terciptanya kesejahteraan bagi anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya.  penekanan utama membangun koperasi adalah membangun kesejahteraan.

“Indikator keberhasilan sebuah koperasi tentunya dilihat dari sisi, sejauh mana perubahan tingkat kehidupan anggotanya sebelum dan sesudah berkoperasi. Artinya bahwa koperasi tidak hanya membangun strategi dan rencana kerja untuk membesarkan lembaganya saja, tetapi harus lebih terfokus pada aktivitas nyata membangun ekonomi anggota, sehingga kehadiran koperasi sebagai penyatuan kebutuhan anggota dalam satu perjuangan bersama membangun posisi tawar yang kuat dapat terjawab,” jelasnya

Berbicara tentang kesejahteraan, Bupati Willy menyampaikan bahwa, ia bersama Wakil Bupati Belu menaruh perhatian yang serius sehingga pada tahun 2019 dicanangkan sebagai tahun investasi.

“Bagi insan koperasi, saya mengajak agar tahun investasi ini untuk menabung dalam wadah koperasi, baik untuk dirinya sendiri dan keluarga. Sesungguhnya, menabung di koperasi kredit dijamin keamanan dan produktif karena kopdit juga merupakan institusi yang fungsinya sama dengan bank yakni menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dana tersebut ke masyarakat. Bagi pengurus dan manajemen mari kita memaknai tahun investasi dengan memberi pelayanan yang prima dan profesional. persaingan yang ketat dalam dunia keuangan sungguh dirasakan dalam era sekarang ini, maka dari itu pelayanan yang memuaskan kepada Anggota Kopdit sangat diperlukan agar anggota datang pinjam, mengangsur dan menabung bisa nyaman dan aman serta senang. saya ajak agar pelayanan menjadi utama, kita biasakan dengan pemberian senyum, sapa dan salam bagi anggota,” terangnya.

Disampaikan pula, Kopdit harus menjadi badan usaha yang sehat dengan menerapkan azas tata kelola; transparan, akuntabilitas, kemandirian, pertanggungjawaban dan kewajaran dengan tetap mengacu pada nilai dan prinsip-prinsip koperasi. berbagai strategi dan pola kebijkan yang dikembangkan secara sadar kiranya dapat mengikat loyalitas dan kepercayaan masyarakat serta menjadikan koperasi kredit sebagai sebuah lembaga keuangan non bank yang menciptakan investasi bagi anggota koperasi melalui program simpanan/tabungan secara terencana.

“Di sisi lain adanya penyediaan modal yang memadai akan memudahkan para anggota untuk mendapatkan layanan pinjaman yang dapat digunakan untuk mengembangkan aktivitas ekonomi yang lebih produktif. saya menghimbau untuk terus berjuang dengan spirit bekerja sama dan sama-sama bekerja membangun koperasi dalam wadah Kopdit Swasti Sari. Dengan adanya gedung kantor baru ini, akan menambah semangat kita untuk lebih meningkatkan kinerja kita, dari apa yang telah kita kerjakan selama ini,” pungkasnya.

Ikut dalam acara peresmian, General Manager Ksp Kopdit Swasti Sari Kupang, Unsur Forkopimcam Tasifeto Barat, Plt. Koordinator Ksp Kopdit Swasti Sari Cabang Atambua, Pengurus, Pengawas Dan Pengelola Ksp Kopdit Swasti Sari Cabang Atambua, Anggota Ksp Kopdit Swasti Sari Cabang Atambua dan seluruh tamu undangan yang hadir. ((Pkpsetdabelu/Iryanto/Trebor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *