PEMKAB BELU BERTEKAD SEMUA DESA MILIKI WEBSITE

Ekonomi Pembangunan Pemerintahan & Hukum

ATAMBUA, Tekad kuat Pemerintah Kabupaten Belu dibawah duet kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Belu untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat desa terus dilakukan. Tekad tersebut dibuktikan dengan Sosialisasi Pengembangan Infrastruktur dan Teknologi Melalui Pemanfaatan Jaringan Internet dan Website Desa di Lantai I Kantor Bupati Belu, Kamis (28/3/2019). Turut hadir Kadis Kominfo Kabupaten Belu, Johanes Andes Prihatin, SE, M.Si, para Camat dan Kepala Desa Se Kabupaten Belu.

Wakil Bupati Belu Drs. J. T. Ose saat membuka sosialisasi ini menyambut baik dan mengapresiasi kehadiran 69 kepala Desa yang mendukung upaya Dinas Kominfo Kabupaten Belu dalam mengembangkan jaringan internet dan website desa.

“Pertemuan ini merupakan salah satu rencana strategis yang diprogramkan Pemerintah Daerah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belu. Kemajuan teknologi internet dan tata kelola website saat ini harus diakui sangat besar peranannya dalam memperluas cakrawala pengetahuan masyarakat disemua jenjang dan lembaga. Oleh karena itu sangat dibutuhkan adanya strategi ketersediaan layanan informasi publik yang berkualitas,” katanya.

Kebijakan dan strategi Pemerintah Daerah dalam mempublikasi kinerja pemerintah dalam berbagai aspek kepada khalayak saat ini disesuaikan dengan perkembangan teknologi.

“Hal ini disebabkan, karena adanya tuntutan publik sebagai hak asasi yang dijamin oleh undang-undang untuk mendapat informasi yang lebih baik, aman, mudah, murah dan berkualitas, sehingga media elektronik yang ada harus mampu mensinergikan diri dalam berbagai konten ataupun berita yang disampaikan kepada publik,” ujar Wabup.

Untuk menunjang berbagai perkembangan yang ada maka hari ini saudara-saudara diminta hadir untuk mengikuti sosialisasi ini.

“Seorang kepala Desa harus akrab dengan teknologi dan informasi terutama terkait dengan sistem pemerintahan berskala elektronik. Kita dituntut dan harus menuju kesana. Di Kabupaten ada berbagai macam aplikasi seperti Simreda, Simpeltri, Simkeuda, Siskeudes dan banyak lagi dan itu harus dimanfaatkan, tetapi sebagai dasar administrasi itu juga harus diprint out sebagai bukti dan arsip,” beber Wabup Ose.

Terkait keterbukaan informasi publik, jelas Wabup Belu bahwa, pelayanan publik maupun informasi dan transaksi elektronik sejalan dengan tuntutan dan strategi pelayanan e-goverment atau sistem pemerintahan berbasis elektronik di daerah hingga ke tingkat bawah.

“Oleh karena itu sangat diperlukan ketersediaan akses jaringan internet bagi terselenggaranya sistem informasi desa, guna kebutuhan olah data dan informasi. Hal ini penting bagi para Kepala Desa untuk terus membangun sinergitas dengan berbagai pemangku kepentingan dalam rangka mengembangkan dan memanfaatkan jaringan internet dan website secara terintegrasi. Para Kepala Desa harus memanfaatkan jaringan internet dan website desa secara produktif dan sehat, guna memberikan manfaat dan kontribusi positif bagi peningkatan kinerja pelayanan pemerintah melalui komunikasi publik,” pungkasnya. (pkpsetdabelu/Michello Tae).

1 thought on “PEMKAB BELU BERTEKAD SEMUA DESA MILIKI WEBSITE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *