PEMKAB BELU HIBAHKAN 1 UNIT TRAKTOR UNTUK KEUSKUPAN ATAMBUA

Ekonomi Pembangunan Pemerintahan & Hukum Pendidikan & Sosbud

TASIFETO BARAT – Pemerintah Kabupaten Belu menyerahkan bantuan hibah 1 (satu) unit traktor besar kepada Keuskupan Atambua.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Bupati Belu, Willybrodus Lay, SH dan diterima oleh Yang Mulia Uskup Atambua, Mgr. DR. Dominikus Saku, Pr di Istana Keuskupan Atambua, Senin, (22/6).

Penyerahan satu unit traktor, bertujuan untuk mendukung pembangunan sektor pertanian, demi meningkatkan ekonomi masyarakat Belu.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Belu, Willybrodus Lay, SH mengatakan, penyerahan bantuan hibah satu unit traktor besar sesuai usulan dari Bapak Uskup beberapa waktu lalu.

“Traktor yang dihibahkan ini untuk mendukung program dari Keuskupan Atambua yakni Atambua Eden yang sementara dikerjakan oleh para Imam dan Frater. Semoga traktor ini bisa dimanfaatkan secara baik dan dapat menjadi contoh bagi masyarakat Kabupaten Belu dan umat Keuskupan Atambua,” ujar Bupati Belu.

Sementara Uskup Atambua, Mgr. DR. Dominikus Saku, Pr dalam sambutan mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemerintah Kabupaten Belu yang sudah menanggapi proposal dari Keuskupan.

“Ketiadaan traktor ini yang menjadi kekurangan dan kendala dalam pengerjaan Project Atambua Eden. Traktor kami rusak dari tahun lalu, sudah dikirimkan sampai Surabaya tetapi tidak bisa diperbaiki lagi sehingga kami mengajukan proposal ke Pemerintah Kabupaten Belu. Terima kasih Pak Bupati dan Pemerintah Kabupaten Belu yang sudah menghibahkan traktor buat Keuskupan Atambua,” ucapnya.

Dijelaskan Uskup Domi, project Atambua Eden  akan dibuat agrowisata yang sudah direncanakan  sejak lama dan sudah berjalan tahun lalu, dengan pengerjaan jalan.

“Sejak awal pandemi Covid-19, project ini mulai dikerjakan lagi dan ada 9 lahan pertanian dan 32 sub unit lahan yang akan dikelola Keuskupan Atambua. Kita akan bangun di Seminari Lalian, Haliwen, Atapupu, Mena, dan Oelolok dan tempat-tempat ini menjadi contoh untuk pengembangan daerah sekitarnya,”  sebut Uskup Domi

Tujuan dari proyek Atambua Eden adalah eksestifikasi lahan tidur agar dapat digunakan kembali melalui proses intensifikasi.

“Semoga lahan yang kecil yang diolah bisa menghasilkan hasil yang lebih dari biasanya. Bantuan ini akan kami manfaatkan semaksimal mungkin untuk peningkatan ekonomi umat di Keuskupan Atambua. Sumberdaya boleh terbatas tetapi kreatifitas jangan terbatas,” pungkas Uskup Dominikus Saku.

Penyerahan traktor, diawali dengan penandatanganan naskah perjanjian hibah dan penandatanganan berita acara penyerahan oleh Bupati Belu dan Uskup Atambua.

Hadir dalam acara ini, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Gerardus Mbulu, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Cristoforus M. Loe Mau, SE, Kabag Umum, Yustinus Loko Bau, Vikjen Keuskupan Atambua, Pater Vinsensius Wun, Preses Seminari Lalian, Rm. Leo Asuk, Pr, Rm. Marley dan Para Kabid Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. (prokompimbelu/michaello)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *