PEMKAB DAN POLRES SEPAKATI DANA PENGAMANAN PILKADA RP 4,25 MILYAR

Ekonomi Pembangunan Pemerintahan & Hukum

ATAMBUA, Pemerintah Kabupaten Belu bersama Polres Belu melakukan penandatanganan Nota Persetujuan Hibah Daerah (NPHD) untuk pengamanan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Belu Tahun 2020 senilai Rp. 4,25 milyar. Penandatanganan NPHD ini dilakukan oleh Bupati Belu, Willybrodus Lay, SH bersama Kapolres Belu, AKBP. Cliffry S. Lapian yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati Belu, Senin (17/2).

Usai penandatanganan NPHD, Plh. Sekda Belu, Drs. Marsel Mau Meta mengatakan bahwa pemerintah menyetujui NPHD terkait dana pengamanan Pilkada Belu senilai Rp 4,25 milyar sesuai dengan proposal yang diajukan oleh Polres Belu kemudian dilakukan pembahasan bersama antara Pemda bersama Polres Belu.
“Kami menyetujui nilai dana pengamanan Pilkada sebesar Rp 4,25 milyar setelah melalui pembahasan bersama antara Pemkab Belu dan Polres Belu kemudian kita menemukan satu angka yakni Rp.4,25 miliar,” ungkap Mau Meta.

Disampaikan, untuk suatu kualitas dan kelancaran Pilkada yang baik dan berkualitas harus berlangsung dalam situasi aman dan kondusif.
“Kami melihat pentingnya tugas pengamanan selama proses tahapan pilkada dan anggaran yang kami kucurkan bagi Polres Belu agar menunjang tugas dalam mengamankan situasi pilkada tetap aman dan kondusif,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Belu, AKBP Cliffry S. Lapian mengatakan dengan penandatanganan NPHD ini Polres Belu sudah memiliki anggaran untuk pengamanan Pilkada 2020 Kabupaten Belu. Dari anggaran ini pihak Polres akan menyesuaikan dengan pengamanan pada setiap tahapan-tahapan Pilkada.
“Anggarannya sudah kami susun pada setiap tahapan disesuaikan dengan kebutuhan pengamanan ataupun kegiatan-kegiatan yang dilakukan sesuai jadwal yang ada pada KPUD,” terang Kapolres Belu.

Disampaikan, secara umum situasi kamtibmas menjelang Pilkada 2020 di Kabupaten Belu masih kondusif. Memang ada beberapa kasus yang sifatnya konvensional.
“Secara umum situasi kamtibmas aman dan kondusif,” ujar Kapolres Belu.

Pihaknya berharap semua pihak bersinergitas dan kerjasama antar semua pihak baik TNI, Pemda, Masyarakat dan semua unsur kepentingan harus bersama-sama mengantisipasi potensi kerawanan pada setiap tahapan pilkada sampai dengan selesai dan kita berharap Pilkada dapat berjalan dengan aman, lancar dan damai . (prokompimbelu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *