PENJABAT KADES ASUMANU DAN BAUDAOK DILANTIK

Pemerintahan & Hukum

ATAMBUA, Sekretaris Daerah Kabupaten Belu, Drs. Petrus Bere mengambil sumpah dan melantik Penjabat Kepala Desa Asumanu, Kecamatan Raihat dan Penjabat Kepala Desa Baudaok, Kecamatan Lasiolat. Selain Kades, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Baudaok dan BPD Sisi Fatuberal, Kecamatan Lamaknen Selatan juga ikut dilantik, Senin (11/3/2019).

Kepala Desa yang dilantik, Agustina Moik, S. Sos sebagai Pj. Kades Asumanu, Kecamatan Raihat dan Louis sebagai Pj. Kades Baudaok, Kecamatan Lasiolat. Sementara BPD Sisi Fatuberal periode 2018 – 2024 yang dilantik yakni ; Paulinus Karlus Asa, Agustinus Koe, Bernadetha Boe Mau, Lambertus Loe dan Agustinus Hale.

BPD Desa Baudaok periode 2018-2024 yang dilantik yakni : Erenbertus Felix Leki, Alexander D Kiik, Benigna Yovita Rafu, Suse Siga Mau dan Titus Bau.

Sekretaris Daerah Kabupaten Belu, Drs. Petrus Bere

Dalam arahannya, Sekda Bere mengingatkan kepada Penjabat Kepala Desa agar mempersiapkan pemilihan kepala desa definitif dalam waktu 3 (tiga) bulan.

“Pengalaman membuktikan, bahwa ada penjabat kades setelah dilantik tidak tahu tupoksi. Akibatnya, ADD di desa yang bersangkutan dimanfaatkan tidak sesuai peruntukkannya,” ungkapnya.

Sekda menjelaskan, seorang pemimpin harus memahami dan mengerti aturan.

“Takut pada aturan itu penting dan jangan sombong, karena seorang pemimpin harus tunduk melaksanakan amanat kedaulatan rakyat,” tandas Sekda.

Kepada BPD, Sekda Bere mengatakan, tugas bersama Kepala Desa adalah merancang Peraturan Desa.

“Rancangan Peraturan Desa harus dibuat bersama BPD, terutama dalam urusan Pendapatan Desa,” ungkapnya.

Sekda berharap, BPD dapat menjalankan fungsi sebagai penyalur aspirasi rakyat.

“Jangan tampung habis aspirasi dari masyarakat tetapi tidak diteruskan ke Kepala Desa. BPD juga harus melaksanakan fungsi pengawasan sehingga pelaksanaan pembangunan di desa dapat berjalan secara baik,” ujar Sekda Bere. (pkpsetdabelu).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *