Wakil Bupati Belu, Drs. J.T. Ose Luan mengambil sumpah dan melantik Pejabat struktural eselon II, III dan IV Lingkup Pemkab Belu

PERUBAHAN NOMENKLATUR, PEJABAT STRUKTURAL KEMBALI DILANTIK

Ekonomi Pembangunan Kesehatan Olahraga Pariwisata Pemerintahan & Hukum Pendidikan & Sosbud Religi

ATAMBUA, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belu kembali melakukan pelantikan terhadap 240 Aparatur Sipil Negara (ASN). Acara pengambilan sumpah dan pelantikan pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belu dilaksanakan di Gedung Wanita Betelalenok Atambua, Sabtu (4/1/2020).

Wakil Bupati Belu, Drs. J.T. Ose Luan yang memimpin secara langsung acara pelantikan mengatakan bahwa, pelantikan ini mengacu pada peraturan, terkait adanya perubahan nomenklatur. “OPD kita ada yang berubah nama, makanya kita kukuhkan pejabat eselon II, III dan IV. Pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang berubah menjadi Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” ujar Wakil Bupati saat menyampaikan sambutan.

Kemudian, lanjutnya, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan berubah yakni menjadi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. Maka, konsekuensi dari perubahan nomenklatur tersebut berdampak pada pergeseran dan mutasi pegawai untuk mengisi jabatan baru dan nomenklatur baru bagi pejabat eselon II, III dan IV.

Selain dari pada itu, sebutnya, BP4D dan Setwan juga mengalami  perubahan nomenklatur pada Bidang, Seksi dan Sub Bagiannya. Demikian juga halnya dengan Bagian Protokol dan Komunikasi Publik berubah menjadi Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan.

“Kegiatan pelantikan dan mutasi pada setiap instansi pemerintah merupakan sebuah standar dalam kehidupan berorganisasi dalam rangka kita melakukan pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, serta merupakan bagian dari pola pembinaan karir pegawai sebagai bagian dari upaya penyegaran dan peningkatan kinerja,” kata Ose Luan.

Dijelaskan Wakil Bupati, selain berdasarkan beberapa hal tersebut di atas, pelantikan hari ini hendaklah dimaknai terutama dari sudut kepentingan organisasi. Jadi, bukan sekedar penempatan figur pejabat pada jenjang jabatan tertentu. Sebab, pengembangan karir pegawai tidak semata-mata untuk kepentingan pegawai yang bersangkutan, melainkan lebih diutamakan untuk melakukan pembinaan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan,” tandasnya

Wabup berpesan kepada pejabat yang sudah dilantik agar bekerja dengan sebaik-baiknya dan sejujur jujurnya serta dilandasi rasa penuh tanggung jawab.

“Dalam pelaksanaaan tugas, ulurkan tanganmu untuk melayani sesama, berikan hatimu untuk mengasihi dan jangan pernah buat orang menangis. Karena kewenangan yang diberikan, kuasa yang diberikan untuk mengabdi termasuk kepada bawahan. Laksanakan semua itu dengan baik. Saya percaya semuanya akan berjalan dengan lancar,” ucap Wabup Ose.

Usai pengambilan sumpah dan pelantikan dilanjutkan dengan Serah Terima Jabatan. (pkpsetdabelu).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *