PLH BUPATI BELU APRESIASI RAT CUKS TB 2020

Ekonomi Pembangunan

TASIFETO BARAT – Plh. Bupati Belu, Frans Manafe, S.Pi memberikan apresiasi kepada pengurus, pengawas dan seluruh anggota Credit Union Kasih Sejahtera (CUKS) saat memberikan sambutan pada pembukaan Rapat Anggaran Tahunan (RAT) tahun buku 2020 CUKS yang dilaksanakan di Aula St. Dominikus Emaus Nenuk, Kamis (18/2/2021). RAT CUKS dibuka secara resmi oleh yang Mulia Uskup Atambua, Mgr. Dr. Dominikus saku, Pr dengan pemukulan Gong.

 

Plh Bupati Belu dalam sambutan memberikan selamat dan apresiasi yang tinggi kepada pengurus, pengawas dan seluruh anggota CUKS atas terselenggaranya Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang dilaksanakan tepat waktu walaupun dimasa pandemi covid-19.

“Hal menunjukkan bahwa pengurus dan pengawas mempunyai kinerja yang baik, karena sudah mampu menjabarkan amanat yang tertuang dalam Undang-undang nomor 25 tahun 1992 tentang perkoperasian, yang menyatakan setiap koperasi wajib melaksanakan RAT minimal 1 (satu) kali setiap tahun dan menjadikannya sebagai kekuasaan tertinggi dalam tata kehidupan demokrasi koperasi,” ungkap Frans Manafe.

 

Lanjutnya, CUKS termasuk salah satu koperasi terbaik di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Saya merasa senang dan bangga melihat perkembangan koperasi ini yang telah membuktikan kepada dunia luar bahwa masih ada koperasi yang baik dan besar. Saya memberikan penghargaan atas keberhasilan CU Kasih Sejahtera yang mampu mencatat pertumbuhan aset, omset dan modal,” tandasnya.

 

Mantan Kepala BP4D Kab. Belu ini juga menyampaikan bahwa kehadiran CUKS telah memberikan andil yang signifikan terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kabupaten Belu.

 

Menurutnya, Koperasi sebagai badan usaha yang berdasarkan asas kekeluargaan harus mampu memberikan jawaban yakni terciptanya kesejahteraan bagi anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya.

“CUKS harus menjadi motor penggerak dengan mengambil peran yang penting, yaitu bisa membangun sinergitas potensi sumber daya antara pengurus, pengawas, manajer, karyawan dan anggota yang mempunyai kekhasan tersendiri yang berfokus pada upaya peningkatan kesejahteraan anggota. CUKS didorong untuk menjadi gerakan bersama dalam sistem yang sama, ketentuan yang sama dan berjalan dalam visi dan misi yang sama pula. Jika sudah dalam satu kesatuan dapat memperkuat solidaritas antar koperasi dan solidaritas antar anggota. Penekanan utama dalam membangun koperasi adalah membangun kesejahteraan,” imbuh Plh. Bupati Belu sekaligus Pj Sekda Belu itu.

 

Menutup sambutannya, Plh. Bupati Belu mengajak seluruh masyarakat untuk gemar menabung dalam wadah koperasi baik untuk diri sendiri, keluarga dan kelompok.

“Menabung atau menempatkan dana di koperasi CU Kasih Sejahtera bukan saja ikut serta dalam membangun kerakyatan, tetapi juga sebagai bentuk dari investasi yang menguntungkan. Sesungguhnya menabung di koperasi dijamin keamanan dan produktif karena CU Kasih Sejahtera juga merupakan institusi yang fungsinya sama dengan bank, yakni menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dana tersebut ke masyarakat,” ajak Frans Manafe.

 

Untuk diketahui, RAT CUKS merupakan pemegang kekuatan tertinggi yang diselenggarakan setiap akhir tahun buku. Selain mendengar laporan pertanggungjawaban dewan pengurus, dan hasil pemeriksaan badan pengawas, anggota juga diberikan kesempatan memberikan tanggapan dan masukan demi perkembangan CUKS.

 

Sesuai data per 31 Desember 2020 anggota CUKS berjumlah 34.904 orang dengan jumlah aset sebanyak Rp. 439.474.574.480 .

 

RAT CUKS sendiri dilaksanakan secara Offline dan Online di 12 tempat di wilayah Keuskupan Atambua. (prokompimbelu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *