PROGRAM BPNT MERUPAKAN BENTUK KEPEDULIAN PEMERINTAH

Ekonomi Pembangunan Pemerintahan & Hukum

ATAMBUA, Pemberian bantuan pangan kepada masyarakat merupakan bentuk dari kepedulian pemerintah dalam membantu masyarakat dengan mengurangi beban pengeluaran dalam pemenuhan sebagian kebutuhan pangan, meningkatkan ketahanan pangan dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui usaha mikro dan kecil di bidang perdagangan yang kesemuanya adalah dalam rangka pengentasan kemiskinan. Hal tersebut disampaikan Bupati Belu Willybrodus Lay, SH saat melounching Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kelurahan Manumutin, Kecamatan Kota Atambua, Kabupaten Belu. Senin (24/6/2019).  

Dijelaskan bahwa, perubahan bentuk pengambilan bantuan pangan yang semula bersifat tunai menjadi non tunai dimaksudkan untuk Meningkatkan ketepatan sasaran penyaluran bantuan.

“Masyarakat sebagai penerima bantuan diberikan pilihan dan kendali untuk kapan, berapa, jenis, kualitas dan harga bahan pangan serta tempat membeli sesuai kebutuhan; Memberikan akses jasa keuangan kepada KPM dan usaha eceran masyarakat; dan Mendorong usaha kecil masyarakat dapat memperoleh pelanggan dan meningkatkan penghasilan dengan melayani KPM,” jelasnya.

Sehubungan dengan itu, saya minta perhatian kepada semua pihak yang bertanggungjawab dalam mendukung pelaksanaan Program Pemerintah.

“Hari ini kita laksanakan lounching penyaluran BPNT sebagai tanda dimulainya penyaluran BPNT di Kelurahan Manumutin, oleh karena itu saya berharap kepada semua pihak yang terkait untuk melaksanakan kegiatan ini dengan baik dan kepada masyarakat penerima bantuan agar dapat memanfaatkan bantuan dimaksud dengan sebaik-baiknya sehingga memberi manfaat bagi keluarga. Bantuan ini juga diharapkan memberikan dampak bagi kesejahteraan masyarakat,”  

Bupati Lay berharap, kartu yang diterima dapat dipergunakan untuk membeli beras dan telur.

“Kartu ini setiap bulan akan terisi otomatis dengan uang sebesar  Rp.110.000, yang hanya dapat dipergunakan untuk membeli beras dan telur. Saya juga minta, agar rumah para penerima bantuan ditandai sehingga tidak terjadi tumpang tindih atau dobel dalam menerima satu jenis bantuan,” tandasnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan peluncuran penyaluran BPNT yang ditandai dengan penyerahan Kartu Kit Kombo dan penyaluran BPNT melalui agen penyalur BPNT. (pkpsetdabelu/michaello).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *