RAIH WTP, DPRD BELU APRESIASI KINERJA PEMERINTAH

Ekonomi Pembangunan Pemerintahan & Hukum Pendidikan & Sosbud

ATAMBUA – Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Belu dalam meraih sekaligus mempertahankan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2019 mendapat apresiasi dari DPRD Kabupaten Belu. Apresiasi ini disampaikan Ketua DPRD Belu, Jeremias Manek Seran Junior saat memberikan sambutan usai acara Penyerahan LHP LKPD melalui video conference di Ruang Kerja Bupati Belu, Selasa, (30/6).

“Saya atas nama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Belu mengucapkan selamat atas opini WTP yang 2 kali telah diraih Pemkab Belu, ini mempertahankannya susah tetapi ternyata berhasil. Dengan adanya kontrol oleh kami di tingkat bawah mendapatkan hasil yang sangat baik.

Terima kasih juga kepada Kepala BPK Perwakilan NTT atas kerjasama yang telah terbina dengan baik selama ini,” ujarnya.

Dikatakan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Belu melihat bahwa kinerja Pemerintah Daerah selama ini dipandang cukup memuaskan dan opini yang diberikan oleh BPK kepada Pemerintah Daerah yakni Opini Wajar Tanpa Pengecualian adalah untuk meningkatkan kualitas kinerja agar semakin efektif dan efisien sesuai dengan visi dan misi dari Pemerintah Daerah yang pada gilirannya mampu meningkatkan kualitas hidup disegala bidang bagi masyarakat Kabupaten Belu.

“Opini WTP ini berarti bahwa laporan keuangan kita berdasarkan bukti-bukti audit yang dihimpun dan Pemerintah dianggap telah menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Lebih lanjut,  kita patut bersyukur bahwa kinerja pemerintah Kabupaten Belu sesuai dengan opini BPK pada tahun 2018 memperoleh Opini WTP dan tahun ini kita kembali meraih predikat opini WTP untuk tahun 2019.

“Tadi kita sudah dengarkan bersama lewat video conference  bahwa hasil pemeriksaan tahun 2019 memperoleh opini WTP lagi. Berarti dua tahun berturut-turut dan ini merupakan suatu prestasi yang sangat baik dari pemerintah,” tutur Ketua DPRD Belu.

Dalam kesempatan yang sama, Inspektur Inspektorat Kabupaten Belu, Romuwaldus Th. Josetyawan Manek, S.Pt menyampaikan bahwa Posisi Kabupaten Belu saat ini berada dalam tiga besar yaitu 85% sesuai target dari BPK yakni 90%. Dengan dukungan dari semua OPD target tersebut optimis bisa tercapai. (prokompimbelu/michaello)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *