Pembukaan Sidang I DPRD Belu

RANPERDA APBD 2020 MULAI DIBAHAS

Ekonomi Pembangunan Pemerintahan & Hukum Pendidikan & Sosbud

ATAMBUA, Ranperda APBD  Tahun 2020 mulai dibahas dalam Pembukaan Rapat Paripurna Sidang I Tahun 2019 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belu. Rapat Paripurna, berlangsung di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Belu, Senin (18/11/2019).

Pimpinan DPRD Kabupaten Belu, Jeremias Manek Seran Jr dalam Pembukaan Rapat Paripurna Sidang I Tahun 2019 menyampaikan, Sidang I DPRD Belu Tahun 2019 ini berpedoman pada Keputusan Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Belu Nomor 9 Tahun 2019, tanggal 14 November 2019 tentang Waktu dan Acara Sidang I DPRD Belu Tahun 2019, Sidang I Tahun 2019 dimulai hari ini dan direncanakan berakhir pada tanggal 11 Desember 2019.

“Dalam masa sidang ini, akan dilakukan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Belu tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Belu tentang APBD Kabupaten Belu tahun 2020 dan 3 (tiga) Ranperda yang diajukan oleh Pemerintah yaitu Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), Irigasi dan Perubahan Perda Kabupaten Belu Nomor 7 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah. Merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 33 Tahun 2019, tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2020 disebutkan bahwa persetujuan bersama DPRD dan Kepala Daerah dilaksanakan paling lambat 1 (satu) bulan sebelum dimulainya Tahun Anggaran 2020. Dengan demikian persetujuan bersama atas RAPBD Tahun 2020 dilaksanakan paling lambat 30 November 2019,” beber Manek Jr.

Hal ini berarti bahwa sisa waktu yang ada tinggal 9 (sembilan) hari kerja. Untuk itu, saya selaku Pimpinan mengajak segenap Anggota DPRD pada masa sidang ini, untuk secara sungguh-sungguh menjalankan tugas konstitusional yang diamanatkan kepada kita. Mari kita satukan hati dengan rasa tanggung jawab yang tinggi dalam pembahasan  APBD Anggaran 2020,” tambah Manek.

Pada kesempatan itu, Ketua DPR mengajak Bupati bersama seluruh jajarannya untuk bekerja cepat dan bekerja tuntas dengan tepat dan benar, sehingga kendala-kendala dalam proses pembahasan  RAPBD TA 2020, sedapat mungkin dieliminir. Dengan demikian Persetujuan Bersama DPRD dan Kepala Daerah dapat terlaksana tepat pada waktunya.

Namun demikian, saya mengingatkan kita semua untuk tetap memperhatikan aspek kualitas secara cerdas dan cermat sehingga APBD yang akan dihasilkan dapat berkualitas dan berpihak kepada rakyat.

“Keterbatasan waktu yang dimiliki tentu tidak serta merta membuat kita terburu-buru dan kurang cermat dalam pembahasan. Isu-isu penting yang menjadi kebutuhan masyarakat umum haruslah menjadi prioritas pembahasan. Program dan kegiatan yang pada pengganggaran sebelumnya tidak tepat sasaran, diupayakan untuk lebih efisien dan efektif serta benar-benar menyentuh langsung kebutuhan masyarakat pada penganggaran saat ini,” ujarnya.

Pihaknya berharap bahwa RAPBD Tahun 2020 yang akan dibahas dalam Sidang I ini, benar-benar telah disusun dengan memperhatikan : Kebijakan Anggaran Belanja berdasarkan “Money Follow Program” dengan cara memastikan hanya program yang sangat bermanfaat bagi kebutuhan masyarakat yang dialokasikan dan bukan sekedar tugas dan fungsi OPD yang bersangkutan; Hendaknya Rancangan RAPBD Tahun 2020 telah disusun berpedoman pada RKPD Tahun 2020 yang merupakan singkronisasi kebijakan Pemerintah Pusat maupun kebijakan Pemerintah Provinsi dalam mendukung tercapainya 5 (lima) prioritas Nasional sesuai kondisi daerah; Adanya konsistensi pada setiap Dokumen Perencanaan (RPJMD, RKPD, KUA-PPAS),” tukasnya.

Sebelum mengakhiri pidato ini, ungkap Manek Jr bahwa Pimpinan DPRD Belu dan segenap Anggota DPRD Kabupaten Belu menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Bupati Belu bersama jajaranya serta seluruh hadirin dan undangan yang telah memberikan perhatian dan kontribusi sehingga seluruh agenda dalam masa sidang ini dapat berjalan lancar dengan baik, tertib dan lancar,” pungkasnya. (pkpsetdabelu/michaello)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *