RICKY FAUZIYANI : TARIAN LIKURAI MERUPAKAN TARIAN YANG TIDAK ADA DI BELAHAN DUNIA MANAPUN (Tulisan Kelima Dari Catatan Yang Tertinggal : Menagih Rindu Di Lembah Fulan Fehan)

Pariwisata

Disadur dari berbagai sumber, Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Muh Ricky Fauziyani mengatakan, Tari Likurai bukanlah tarian biasa. Likurai adalah tarian perang khas dari masyarakat Pulau Timor, yang menceritakan perjuangan masyarakat setempat melawan penjajahan.

“Tarian Likurai merupakan tarian yang tidak ada dimanapun dibelahan dunia, Tarian ini tentu saja menjadi tarian khas yang merupakan warisan serta budaya leluhur dari masyarakat di daerah ini,” ungkap Ricky.

Festival Fulan Fehan memiliki daya Tarik tersendiri. Atraksi ini kembali mengangkat Padang Sabana Fulan Fehan. Even berskala nasional ini sangat menarik dan bisa mendatangkan wisatawan melalui cross border.

“Wisatawan khususnya yang dating dari Timor Leste akan sangat menikmati daya Tarik destinasi di wilayah border tourism tersebut. Kuncinya dalah seni budaya, music dan kuliner sangat bagus untuk menggaet pasar negara tetangga. Apalagi, warga Timor Leste bisa masuk ek Indonesia dengan menggunakan bebas visa kunjungan. Sehingga warga Timor Leste bisa berbelanja di NTT,” ujarnya.

Ketua Tim Pelaksana Calender od Events (CoE) Kemenparekraf, Esty Reko Astuty sangat mengapresiasi even ini. Pihaknya akan meningkatkan kerjasama dengan Pemrintah Kabupaten Belu kedepan untuk memperbanyak kegiatan yang dapat menarik minat para wisatawan di daerah perbatasan termasuk kegiatan di Padang Sabana Fulan Fehan.

“Tidak hanya even budaya, tapi juga orchestra modern bisa juga dilaksanakan di Bukit Fulan Fehan. Dengan beragam kegiatan budaya yang turut dikembangkan, wisatawan di seluruh pelosok dunia akan semakin jatuh hati kepada Pesona Indonesia,” katanya.

Esthy Astuti juga merasa senang, karena even ini tetap menggunakan Kareografer Tingkat Nasional, Eko Supriyanto sehingga acara ini menjadi istimewa. 

“Tinggal kita dukung untuk mempromosikan event yang sudah masuk sebagai 100 Wonderful Even CoE 2018,” tukasnya. (Bersambung____Pkpsetdabelu/Iryanto/Reynaldo/Michello/Trebor).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *