RUMAHKU RUMAH DOA

Religi

ATAMBUA, “Rumahku Rumah Doa” demikian renungan doa, Vikjen Keuskupan Atambua, Pater Vinsensius Un, SVD dalam Misa Pemberkatan  Kapela Santo Paulus Duarato di Desa Duarato, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, Kamis (16/5/2019).  

Pater Vinsen mengatakan, dengan rasa  gembira kita berkumpul disini bersama seluruh umat dan para iman.

“Kita bergembira karena telah memiliki sebuah Kapela sebagai sarana penopang dan pemersatu umat di dalam lingkungan ini, khususnya di Duarato. Di dalam Kapela ini, kita akan diilhami, disemangati oleh Sabda Tuhan dan dikuatkan oleh Sakramen Tubuh dan Darah Kristus dalam perayaan iman kita. Dari dalam Kapela ini pula, kita akan memperoleh inspirasi dan keberanian untuk menghayati dan mengamalkan iman itu dalam hidup kita setiap hari,” terang Vikjen.

Kiranya tujuan dan peran suci yang mulia dari rumah Tuhan ini dapat kita pertahankan ke depan.

“Allah membawa semua orang kepada cahaya yang baru  dalam kasih sayang, maka Engkau juga yang menentukan orang yang berdosa melalui air baptis mati bersama Kristus, namun bangkit kembali bersama Kristus dan menjadi anggota tubuhnya serta pewaris kehidupan kekal, maka kami mohon ya Tuhan,  sucikanlah dan berkatilah air  dan garam ini. supaya pada diri kami dan gedung yang akan kami reciki ini dan yang sudah dicampuri garam ini menjadi nyatalah pembersihan pembatisan kami dan dibersihkan dalam kristus menjadi kediaman roh kudus. semoga kami dan semua saudara yang merayakan misteri Illahi di dalam gedung kapela ini oleh air suci ini sampai di Yerusalem. Surgawi demi Kristus Tuhan kami.” ucap Pater Vikjen dalam doa pembuka.

Pater Vinsen mengujari, dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan dirinya menerima dan memberkati gedung kapela ini.

“Semoga Tuhan membalas jerih payah para donatur, para tukang dan umat sekalian serta siapa saja yang membantu dalam membangun kepela ini dengan berkatnya yang berlimpah,” ungkapnya.

Sebelum berkat penutup, Pater Vinsen menyampaikan terima kasih yang berlimpah kepada seluruh pendonor dan para penderma.

“Saya atas nama Bapak Uskup Atambua menyampaikan provisiat kepada umat Duarato dan Pastor Paroki, Pastor Rekan yang telah membangun gereja ini. Terima kasih juga kepada donatur, Bapak Frans dan Ibu Ida yang telah menyumbang untuk terselesainya bangunan Kepala ini. saya juga menyampaikan terima kasih kepada para iman, Bupati Belu bersama Ibu, Pimpinan SKPD, seluruh umat yang hadir bersama saya untuk merayakan ekaristi kudus untuk pemberkatan kapela ini. Semoga Tuhan selalu menyertai umat di lingkungan Duarato ini, karena lewat kapela ini, iman umat semakin hari semakin bertumbuh,” tutup Pater Vikjen.

Ikut hadir dalam Pemberkatan Kapela Santo Paulus Duarato yakni Bupati Belu, unsur Forkopimda plus Kabupaten Belu, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Belu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Belu, Mantan Bupati Belu, para Donatur, para Penderma, Suster,  Camat Lamaknen dan Lamaknen Selatan, para Kepala Desa se Kecamatan Lamaknen dan Lamaknen Selatan, para Kepala Sekolah SD, SMP, dan SMA/SMK. Para pengurus DPD, DKP, Pengurus Lingkungan se – Paroki Nualain, Orang Muda KatoliK, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Ada se – Kecamatan Lamaknen dan Lamaknen Selatan. (Pkpsetdabelu/Trebor).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *