SEMARAK MALAM TAKBIRAN DI KOTA ATAMBUA

Religi

ATAMBUA, Semarak malam takbiran di Kota Atambua, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur  (NTT) begitu terasa. Sejak, Selasa (4/6/2019) sore,  warga muslim dari berbagai penjuru Kabupaten Belu berdatangan di titik pusat berlangsungnya pawai takbiran. Konvoi takbir dibuka oleh Bupati Belu Willybrodus Lay, SH. Turut hadir antara lain Dandim 1605 Belu, Wakapolres Belu, Dansatgas Pamtas RI-RDTL, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Belu, Ketua MUI Kabupaten Belu, Ketua Majelis Taklim, Para Ulama dan Umat Muslim Kota Atambua dan sekitarnya.

Bupati Belu dalam sambutannya mengatakan, pada malam yang membahagiakan ini, seluruh kaum muslimin di tanah air mengumandangkan Takbir, Tahlil dan Tahmid, untuk mengagungkan kebesaran Ilahi Rabbi, memuji-nya dan memanjatkan rasa syukur kepada-nya.  

“Kaum muslimin dengan penuh sukacita merayakan kemenangan dari peperangan yang besar, yaitu perang melawan hawa nafsu. Perang melawan hawa nafsu itu, Insya Allah berhasil dimenangkan dengan penuh rasa penyerahan diri kepada Allah SWT, ” tuturnya.

Begitu pula dengan penyelenggaraan lomba pawai takbiran ini, juga merupakan wujud ekspresi kegembiraan kita bersama dengan seluruh umat muslim di tanah air setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa di bulan suci ramadhan.

“Kegiatan yang menampilkan berbagai bentuk dan ragam kreasi yang inovatif dan konstruktif ini, diharapkan dapat memberikan semangat dan motivasi bagi umat muslim dalam menyambut momentum hari kemenangan,”  katanya.

Selain itu, ungkap Bupati Willy bahwa melalui kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan medium untuk mempererat tali silaturahmi, baik antar sesama umat muslim maupun antar umat beragama lainnya, sehingga kegiatan ini dapat menjadi ajang syiar islam ke tengah masyarakat  tentang ajaran islam yang aman, damai dan saling menjaga toleransi.

“Saya berpesan kepada para peserta pawai takbiran, untuk senantiasa menjaga keselamatan selama di perjalanan, mengikuti pawai dengan tertib sampai ke garis finish, serta mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh panitia, sehingga pawai takbiran ini dapat berlangsung dengan aman, lancar dan sukses, sebagaimana yang kita harapkan bersama,” ujarnya.

Pantauan media ini, sebelum peserta pawai dilepas, Bupati Belu menabur bedug bersama-sama pada malam ini pukul 20.00 wita. Ratusan umat muslim mulai tumpah ruah disepanjang jalan. Mereka terus meramaikan pawai ini. Para peserta berlomba-lomba menampilkan kreasi menarik, mulai dari miniature mesjid dan pakaian adat nusantara. Lantunan takbir  menggema disepanjang jalan mulai dari pelepasan di depan Mesjid  Raya Al-Mujahidin Atambua. Puluhan mobil dan ratusan kendaraan roda dua serta ratusan warga ikut memenuhi sepanjang jalan, dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 H/ 2019 M yang jatuh pada 5 Juni 2019 esok. (Pkpsetdabelu/Iryanto/Trebor).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *