SISPAMKOTA SUKSES DIGELAR, WABUP BELU APRESIASI KESIAPAN TNI POLRI

Pemerintahan & Hukum

ATAMBUA, Kepolisian Resor Belu sukses menggelar Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota). Sispamkota dilaksanakan  untuk menyukseskan

Pilpres dan Pileg 2019, sekaligus mempersiapkan diri jika ada kelompok-kelompok tertentu yang menginginkan situasi menjadi kacau atau tidak aman.

Wakil Bupati Belu, Drs. J.T. Ose Luan usai Apel Gelar Pasukan menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Belu memberikan apresiasi kepada Kapolres Belu dan Dandim 1605/Belu yang telah melaksanakan simulasi ini dengan baik dan berhasil.

“Saya yakin Pemilihan Umum Pilpres maupun Pileg di Kabupaten Belu akan bejalan dengan aman, tertib, sukses, luber, jujur dan adil,” ucap Wabup.

Wabup mengatakan, Polres Belu melaksanakan Apel Gelar Pasukan dan Sispamkota bersama TNI untuk Kabupaten Belu dan Malaka. 

“Tadi yang kita lihat adalah langkah-langkah yang diambil sesuai prosedur jika terjadi kekacauan dan itu berdasarkan legalitas hukum yang berlaku baik dari KPU dan Banwaslu, Polres dan Brimob. Bila kondisi tambah rumit maka akan diturunkan TNI sebagai BKO,” tandasnya.

Wabup menghimbau,  kepada masyarakat agar beramai-ramai ke TPS menggunakan hak pilih. Karena  ukuran keberhasilan demokrasi kita itu dilihat dari berapa prosentase pemilih yang ikut menggunakan hak pilih. Dikhawatirkan akan ada golput tetapi kita berusaha agar para pemilih menggunakan hak pilihnya pada 17 April mendatang. 

Senada dengan Wabup Belu, Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing, S.IK, M.Si menyampaikan kepada awak media bahwa, apel gelar pasukan yang dilaksanakan oleh TNI Polri bersama instansi terkait dalam rangka mengamankan pemilu 2019. Dalam pelaksanaannya POLRI bersinergi dengan prajurit TNI untuk mengamankan situasi agar tetap kondusif sehingga masyarakat dapat melaksanakan pesta demokrasi dan memilih sesuai hati nuraninya. 

“Harapan, kepada masyarakat agar dalam menghadapi atau menjelang pemilu ini tetap menjaga situasi kamtibmas kondusif kemudian tidak terprovokasi oleh isu-isu yang terkait dengan SARA kemudian tidak termakan oleh berita-berita hoax yang beredar. Apabila ada permasalahan yang terkait dengan situasi kamtibmas agar segera dilaporkan ke institusi yang berwenang,” pinta Christian.

Christian menambah, untuk pengamanan pemilu 2019, kita mempersiapkan anggota dari Polri maupun prajurit TNI sejumlah 900 personil yang nantinya akan digelar untuk menjaga TPS dan obyek-obyek vital di Belu maupun Malaka. Keterlibatan dari Polres Belu, Kodim 1605 Belu, Batalyon 744/SYB, dan Satgas Pamtas RI-RDTL untuk tetap bersinergi bersama pemerintah daerah dalam mengamankan situasi kamtibmas di Belu dan Malaka. 

“Untuk personil kita ada bantuan BKO dari Polda NTT maupun dari Brimob Atambua,” katanya.

Terkait simulasi Sispamkota, Kapolres Belu menegaskan,  simulasi pengamanan kota yang dilaksanakan anggota TNI Polri untuk mempersiapkan apabila terjadi eskalasi peningkatan kejadian ataupun ada aksi-aksi yang terkait terorisme.

Dandim 1605/Belu, Letkol inf Ari Dwi Nugroho mengatakan, Kodim 1605 Belu menyiapkan 200 personil, 200 dari Batalyon RK 744/SYB untuk membackup Kepolisian dalam mengamankan Pilpres dan Pileg 2019.

“Untuk menjaga netralitas TNI Polri dalam pemilu ini, kami berusaha sebagai aparat untuk mengamankan jalannya Pilpres dan Pileg dan selalu netral mulai dari tahap persiapan, pencoblosan dan tahap perhitungan,” tukasnya.

Apel gelar pasukan operasi Mantap Brata Polres Belu ini dihadiri, Asisten 1 Kabupaten Malaka, Forkopimda Plus Kabupaten Belu, Oimpinan OPD Kabupaten Belu dan Malaka,  KPU dan Panwaslu Belu dan Malaka, Pimpinan Partai Politik, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Insan Pers.

Upacara ini diikuti anggota Polres Belu, Subden 2 Den A Pelopor Brimob Atambua, Subden Pom IX Udayana, Kodim 1605 Belu, Yon Raider Sus 744/SYB, Satgas Pamtas RI-RDTL Yon 408/SBH, Sat Pol PP, Senkom Kabupaten Belu, serta anggota Linmas. Usai apel gelar pasukan Ops Mantap Brata  dilanjutkan dengan Simulasi Sispamkota. (pkpsetdabelu/michello)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *