SOSIALISASI PELAPORAN SPT TAHUNAN DENGAN e-FILING

Ekonomi Pembangunan Pemerintahan & Hukum

ATAMBUA – PLH Sekda Belu, Drs. Marsel Mau Meta didampingi Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi Tiga KPP Pratama Atambua membuka Kegiatan Sosialisasi Pelaporan SPT tahunan orang pribadi tahun pajak 2019 melalui saluran  e-Filing di Lantai I kantor Bupati Belu, Selasa (4/2).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat edaran Menpan RB no. 8 tahun 2015 tentang kewajiban penyampaian surat pemberitahuan tahunan pajak penghasilan wajib pajak orang pribadi oleh aparatur sipil negara/anggota tentara nasional indonesia/kepolisian republik indonesia melalui e­-filing.

PLH Sekda Belu dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab yang harus dipenuhi ASN.

“Kita berada ditempat ini untuk melaksanakan satu kegiatan penting dalam pelaksanaan tugas dan kewajiban yang harus kita penuhi sebagai ASN, sebagai masyarakat, sebagai orang per orangan yang berkaitan dengan pajak orang per orangan pribadi,” tandas Marsel Mau Meta.

Lanjutnya, kehadiran KPP Pratama sangat penting untuk meminimalisir kesulitan dalam memenuhi kewajiban oleh wajib pajak.

“Setiap tahun kegiatan atau kewajiban seperti ini mesti kita lalui, minimal pimpinan OPD dan Sekretaris OPD. Kehadiran KPP Pratama Atambua dianggap penting dan sangat menentukan minimal bagi pimpinan OPD dan mereka yang wajib mengisi SPT Tahunan sesuai persyaratan regulasi untuk meminimalisir kesulitan dalam memenuhi kewajiban,” jelas Marsel.

Marsel Mau Meta juga menghimbau agar para peserta dapat mengikuti kegiatan sosialisasi dengan baik dan dapat mengaplikasikan pelaporan SPT tahunan menggunakan e-Filing.

“Harapan kami, bapak/ibu dapat mengikuti kegiatan ini secara baik, manfaatkanlah kesempatan yang baik ini untuk menambah pengetahuan, karena anda adalah orang –orang pilihan,” imbuh PLH Sekda Belu menutup arahannya.

e-Filing merupakan cara penyampaian SPT tahunan secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website DJP www.djponline.pajak.go.id atau ASP (application service provider / Penyedia Jasa Aplikasi).

Adapun manfaat dari e-Filing yakni dapat mempermudah proses perekaman data SPT di dalam basis data DJP. Jika sebelumnya perekaman data dilakukan secara manual dan menghabiskan waktu yang banyak, kini dengan sistem lapor pajak online dapat menghemat waktu, mengurangi pertemuan langsung Wajib Pajak dengan petugas pajak karena wajib pajak sudah tidak harus selalu datang ke KPP. Selain itu, dengan adanya e-Filing dapat mengurangi dampak antrian dan volume pekerjaan proses penerimaan SPT, serta mengurangi volume berkas fisik atau kertas dokumen perpajakan untuk mendukung kegiatan Go Green/Penghijauan.

Adapun peserta yang hadir pada kegiatan sosialisasi ini adalah Para Bendahara OPD lingkup Pemkab Belu. (prokompimbelu/RK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *