SOSIALISASI SPT TAHUNAN BERBASIS ONLINE

Ekonomi Pembangunan

Asisten Administrasi Umum Setda Belu, Fransiskus X. Asten membuka Kegiatan Sosialisasi E-Filing di Lantai I Kantor Bupati Belu, Rabu (20/2).

Demi peningkatan efisiensi pelaporan surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak, Asisten Administrasi Umum Setda Belu, Fransiskus X. Asten, membuka Kegiatan Sosialisasi E-Filing di Lantai I Kantor Bupati Belu, Rabu (20/2).

Kegiatan yang dilakukan oleh KPP Pratama Atambua ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelaporan SPT tahunan oleh wajib pajak.

Dalam sambutannya, Asisten III setda Belu menyampaikan agar kegiatan sosialisasi ini dapat diikuti secara baik sehingga penerapannya dapat terlaksana dengan baik.

“Kegiatan sosialisasi yang dilakukan hari ini dan besok kiranya dapat di ikuti dengan baik oleh para peserta sehingga penerapannya dapat juga terlaksana dengan baik,” imbuh Frans Asten.

Lanjutnya, diharapkan juga dalam sosialisasi dilakukan komunikasi dua arah, sehingga para peserta benar –benar paham tentang apa yang disosialisasikan.

“Diharapkan dalam sosialisasi ini juga dilakukan komunikasi dua arah serta tanya – jawab terkait hal – hal yang belum dipahami sehingga penggunaan E-filing ini dapat dimengerti dan diterapkan dengan baik,” tukas Assisten III.

E-filing merupakan suatu cara penyampaian surat pemberitahuan tahunan (SPT) secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak atau Penyedia Layanan SPT Elektronik atau Application Service Provider (ASP). Penggunaan E-feling ini lebih mempermudah wajib pajak untuk mengisi SPT tahunan karena bersistim online dan dapat diakses dimana saja.

Disampaikan Kepseksi ekstensifikasi dan penyuluhan KPP Pratama, Imam Kuswanto, yang harus disiapkan untuk pengisian e-filing yaitu : Nomor NPWP, Lembar A2, Email aktif, Daftar harta, Daftar Keluarga, dan Electronic Filing Identification (EFIN) yang dapat diaktivasi pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari (rabu dan kamis) ini diikuti oleh para bendahara OPD dan Bendahara Sekolah lingkup Pemkab Belu. (pkpsetdabelu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *