SUKSESKAN PEMILU, PEMKAB BELU SOSIALISASI PEREKAMAN MASSAL KTP ELEKTRONIK

Pemerintahan & Hukum

ATAMBUA, Pemerintah Kabupaten Belu melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Belu menggelar Sosialisasi Pelaksanaan Kebijakan Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan. Sosialisasi Dengan Tema “Pelaksanaan Perekaman Massal KTP Elektronik Untuk Mensukseskan Pemilu Tahun 2019 ini berlangsung di Gedung Wanita Betelalenok, Rabu (20/3/2019). Ikut hadir dalam sosialisasi, Sekretaris Daerah Kabupaten Belu, Kadis Camat, Kepala desa dan Lurah se Kabupaten Belu.

Wakil Bupati Belu Drs. J. T. Ose Luan mengatakan, tujuan melaksanakan perekaman massal di 69 desa dan 12 kelurahan ini berdasarkan data by name by address untuk mensukseskan pemilu tanggal 17 April 2019.

“Kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah identitas resmi Penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan oleh Instansi Pelaksana yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kartu ini wajib dimiliki Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki Izin Tinggal Tetap (ITAP) yang sudah berumur 17 tahun atau sudah pernah kawin atau telah kawin,”  jelas Wabup Ose.

Sementara itu manfaat data kependudukan dan e-KTP adalah untuk mendukung suksesnya pemilu 2019  melalui peningkatan akurasi data sebagai bahan untuk penyusunan daftar pemilih. 

“KTP dapat memastikan keabsahan identitas dan mencegah penggunaan hak pilih lebih dari satu kali,” ungkap Ose Luan

Sebagai bukti jati diri, Wabup Belu mengapresiasi proses perekaman yang akan dilakukan oleh Disdukcapil di 12 Kecamatan di Kabupaten Belu.

“Sinergisitas ini terus kita bangun dalam menyelesaikan masalah-masalah dalam rangka suksesnya pemilu 2019 di Kabupaten Belu. Dengan proses perekaman ini kita harap warga Belu dapat menyalurkan hak pilih pada Pemilu 2019 April mendatang,” papar Wabup

Di akhir acara, Wabup  mengatakan, adanya e-KTP merupakan solusi yang baik agar administrasi kependudukan dapat tertata secara baik.

“Sebagai warga negara yang baik, kita dapat ikut membantu membereskan sistem administrasi data kependudukan agar manfaatnya dapat kita rasakan bersama-sama,” pungkasnya. (pkpsetdbelu/Iryanto).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *