TEKNOLOGI TEPAT GUNA, PELUANG USAHA BAGI MASYARAKAT

Ekonomi Pembangunan Pemerintahan & Hukum Pendidikan & Sosbud

TASIFETO BARAT, Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Teknologi Tepat Guna bagi Anggota Koperasi di SDK Nela, Desa Naekasa, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu, dibuka oleh Bupati Belu Willybrodus Lay, SH, Jumat (30/8/2019). Kegiatan ini dihadiri Ketua Dekopinda Kabupaten Belu, Markus J. Mau, Camat Tasifeto Barat, Yohanes Seran, S.IP dan Sekretaris Dinas Koperasi Kabupaten Belu, Drs. Baltasar Bouk.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk mengarahkan, memandu, membimbing masyarakat melalui pembentukan usaha-usaha produktif, dengan cara memberikan pengetahuan dan ketrampilan teknis, dengan penggunaan peralatan teknologi yang sederhana dan praktis serta teknik-teknik manejerial.

“Pelatihan ini bertujuan untuk mendorong jiwa kewirausahaan yang mandiri disektor usaha-usaha kecil, agar menjadi unit ekonomi produktif yang permanen dan berkesinambungan serta mendorong  atau memotivasi masyarakat untuk berwira usaha,” ungkap Bupati Willy.

Bupati Lay mengatakan, melalui pelatihan ini kita dapat membuka peluang usaha bagi masyarakat dalam peningkatan ekonomi keluarga.

“Pelatihan ini banyak manfaatnya, dimana salah satunya adalah membantu meningkatkan ekonomi keluarga dengan cara mengembangkan usaha kecil menjadi peluang bisnis kedepan,” tandasnya. 

Pemerintah sangat sangat mengapresiasi konsolidasi untuk mengembangkan kerja sama Dekopin Wilayah Kabupaten Belu dengan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Belu dalam pemberdayaan koperasi.

“Koperasi harus tumbuh dan berkembang untuk kesejahteraan rakyat dan itu hanya akan tercapai kalau SDM pengelolanya siap pakai dan menguasai teknologi informasi, sebut Bupati Willy.

Bupati Lay juga mengemukakan bahwa, Dekopin dan Diskop UKM yang berfungsi sebagai fasilisator, stabilisator dan dinamisator harus terus berupaya untuk memberikan dukungan dan dorongan terhadap sektor ekonomi kerakyatan sehingga dapat terus berkembang.

“Diskop dan UKM Kabupaten harus berupaya untuk menciptakan program dan kegiatan yang sesuai, tepat sasaran, berhasil guna dan bermanfaat secara langsung bagi pemberdayaan koperasi dan UMKM di Kabupaten Belu,” ujarnya. (Pkpsetdabelu/Reynaldo Klau).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *