TUHAN SUNGGUH LUAR BIASA

Pendidikan & Sosbud Religi

Romo Vence Pimpin SDK I Atambua

Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan As’ Tanara, Drs. Vinsensius B. Loe saat mengambil sumpah dan melantik Romo Vincensius Paulo Bria, Pr menjadi Kepala SDK St. Yosef Atambua I di Balai Nazaret Atambua, Selasa, (5/3)

ATAMBUA, Romo Vinsensius Paulo Bria diambil sumpah dan dilantik menjadi Kepala Sekolah SDK St. Yosef Atambua 1. Proses pelantikan ini dilaksanakan, mengingat sejak tanggal 1 Maret 2019, SDK St. Yosef Atambua 1 mengalami lowongan Kepala Sekolah. Bahwa untuk memperlancar proses pembelajaran yang efektif dan efisien maka segera melakukan pergantian Kepala Sekolah yang baru. Romo Vinsensius Paulo Bria, Pr mulai 1 Maret 2019 sampai dengan 1 Maret 2020.

Usai melantik, Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan As’ Tanara, Drs. Vinsensius B. Loe mengatakan, Tuhan sungguh luar biasa menghantar seorang Pastor untuk mengelola atau  memimpin Sekolah Katolik tingkat SD di wilayah Keuskupan Atambua.

“Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tugas kepala sekolah ada 3 yakni tugas manajerial, pembangunan kewirausahaan dan supervisi sekolah,” ucap Vinsen Loe.

Vinsen  Loe berharap, semoga dengan terisinya kevakuman pimpinan ini, Kepala Sekolah yang baru dapat membenahi manajemen sekolah tersebut, menjadi lembaga pendidikan yang hebat seperti dahulu.

“Saya berharap, Romo Kepala Sekolah bisa menjadi teladan bagi siswa dan seluruh  tenaga kependidikan yang ada di SDK I. Sebagai pendorong, ciptakan prakarsa bagi guru dan siswa-siswi, ciptakan ide untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Belu khususnya di wilayah Keuskupan Atambua. Mudah-mudahan dengan adanya Pemimpin baru di SDK Atambua I bisa membawa perubahan untuk mencetak anak-anak yang 100 persen Katolik dan 100 persen Indonesia,” ujar Vinsen Loe.

Ketua Pembina Yayasan Pendidikan As’Tanara, Romo Stefanus Bosala, Pr mengetengahkan bahwa, hari ini merupakan peristiwa bersejarah yang terjadi disini, bahwa ada seorang Imam muda dilantik menjadi Kepala SDK St. Yosef Atambua I.

“Di usia sekolah yang sudah memasuki 102 tahun keberadaanya, kini tampil seorang Kepala Sekolah baru yang datang dari seorang Imam. Ini satu tugas yang tentunya baru sekali bagi seorang Imam yang ditahbiskan. Dalam tugas pastoral seharusnya berkaitan/berurusan dengan kegiatan pastoral di paroki, tetapi kemudian ada pertimbangan tersendiri seorang Imam diangkat menjadi Kepala Sekolah. Saya yakin, Romo Vinsen sendiri tidak membayangkan hal ini, tetapi inilah panggilan, inilah tugas perutusan,” tandas Romo Stef

.

Dalam tugas kedepan, ungkap Romo Deken bahwa Romo Vence tidak hanya berhadapan dengan anak sekolah saja, tetapi berhadapan juga dengan teman-teman guru.

“Jaga persatuan dan kerjasama dilembaga ini, Apapun  halangan yang menggangu, harus diatasi secepatnya,” pinta Romo Stef

Wakil Bupati Belu, Drs. J.T. Ose Luan selaku Ketua Dewan Pengawas Yayasan Pendidikan AS’Tanara saat memberikan sambutan

Wakil Bupati Belu, Drs. J.T. Ose Luan selaku Ketua Dewan Pengawas Yayasan pendidikan As’Tanara mengatakan  bahwa, peristiwa ini merupakan kejadian pertama seorang pastor dilantik menjadi Kepala Sekolah SD

“Kalau SMP dan SMA sudah biasa. tetapi untuk pengalaman Yayasan As’Tanara ini adalah hal yang pertama dan saya meyakini bahwa  ini adalah kehendak Tuhan,” ungkap Wabup Ose.

Tetapi pada saat proses ini berjalan, Tuhan berkehendak dan itulah yang terjadi hari ini.

“Sebenarnya dalam mutasi atau pergantian pimpinan itu hal biasa. Terkadang hal itu terjadi karena mekanisme dan proses. Terima kasih atas berbagai masukan yang sudah dilalui sehingga hari ini bisa terjadi,” katanya.

Sambung Wabup Ose, SDK St. Yosef Atambua I memiliki nama besar sebagai lembaga pendidikan dasar.

“ Kepala Sekolah harus selalu berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan mengenai berbagai hal. Jadikan persaudaraan menjadi komponen utama dalam mengabdi sehingga menjadi satu kekuatan untuk mengembalikan SD 1 menjadi sekolah yang hebat lebih dari yang sekarang, Terima kasih untuk Kepala Sekolah yang lama serta para guru, selamat bekerja,” tutup Wabup. (pkpsetdabelu).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *