USAI UPACARA, WABUP OSE LUAN TABUR BUNGA HARI PAHLAWAN

Pemerintahan & Hukum Pendidikan & Sosbud

KAKULUK MESAK,  Wakil Bupati Belu, Drs. J.T. Ose Luan melakukan tabur bunga usai melaksanakan Upacara Hari Pahlawan Nasional di Pelabuhan Laut Atapupu, Desa Jenilu, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu. Senin (11/11/2019). Saat tabur bunga, Wabup Belu ditemani oleh Pasukan dari Satgas Pamtas RI – RDTL Yonif Raider 142/KJ, Pimpinan OPD, Camat Kakuluk Mesak, Kapolsek Kakuluk Mesak dan Kepala Desa Jenilu.

Pantuan media ini, usai menjadi inspektur, Wabup Ose meninggalkan lokasi upacara menuju Pelabuhan Laut Atapupu. Setiba di sana,  dilakukan upacara mengheningkan cipta dan penghormatan serta tabur bunga di  perairan laut Atapupu.

Usai menaburkan bunga, Mantan Camat Malaka Barat ini menyampaikan kepada awak media bahwa, kegiatan tabur bunga ini merupakan salah satu cara kita memberikan penghormatan dan penghargaan atas jasa para pahlawan yang berjuang merebut kemerdekaan.

“Tabur bunga hari ini dalam rangka memperingati jasa mereka yang telah berjuang mengorbankan segala pikiran, tenaga, materi bahkan nyawa untuk merebut kemerdekaan ini dan juga mempertahankan kemerdekaan yang sudah diproklamirkan,” ungkapnya.

Disampaikan Wabup, tabur bunga di laut Atapupu baginya sangat berkesan. Menurutnya, mereka yang pernah menjadi korban di laut banyak yang jenasahnya tidak ditemukan.

“Mereka hanya punya nama, tetapi tidak mempunyai pusara karena memang mereka berjuangnya di laut. Kebesaran bangsa ini diawali dengan perjuangan para pendahulu kita yang telah berjuang di jaman perjuangan dan revolusi. Kita menghormati dan menghargai itu, sehingga setiap tanggal 17 Agustus  kita melakukan tabur bunga di laut,” jelasnya.

Wadan Satgas Pamtas RI – RDTL, Kapten (Inf) M. Riduan mengatakan, upacara tabur bunga merupakan salah satu kegiatan yang mencerminkan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa sekaligus sebagai ungkapan rasa bangga kita sebagai generasi penerus bangsa terhadap jasa-jasa para pahlawan yang sudah mengorbankan nyawa, harta benda dan harga diri.

“Dengan kegiatan ini diharapkan para generasi muda menjadi contoh untuk meneruskan cita-cita para pahlawan terdahulu. Hal ini juga selaras dengan tema peringatan Hari Pahlawan tahun ini yakni “Aku Pahlawan Masa Kini”.  Ini menjadi harapan kita bersama dan semoga kegiatan yang kita laksanakan ini berguna bagi kita semua,” ujarnya. (pkpsetdabelu/michaello)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *