WABUP BELU TINJAU PELAKSANAAN UJIAN CPNSD

Ekonomi Pembangunan Pemerintahan & Hukum

ATAMBUA – Wakil Bupati Belu, Drs. J.T. Ose Luan didampingi PLH Sekda Belu, Drs. Marsel Mau Meta dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Christoforus Loe Mau, SE meninjau pelaksanaan Ujian Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) dengan berbasis Sistem Computet Assisted Test (CAT) di Laboratorium SMA Negeri I Atambua, Senin (3/2).

Usai meninjau pelaksanaan ujian CPNSD, Wakil Bupati Belu menyampaikan bahwa Keberhasilan setiap peserta terletak pada kesiapan menghadapi ujian yang berbasis sistem Computet Assisted Test (CAT). 

“Yang mempersiapkan diri, menguasai IT, itu yang bisa karena misalnya jika peserta tahu teorinya tetapi tidak paham tentang bagaimana menggunakan alat atau komputer itu juga nanti menjadi masalah, karena masalah seperti ini tahun lalu terjadi. ada yang sudah mau mengerjakan sampai selesai tetapi ada peserta yang belum mengerjakan apa –apa karena tidak mengerti mengoperasikan komputer,” ungkap J. T. Ose Luan.

Lanjutnya, saat memantau perolehan hasil tes yang sementara berlangsung terlihat bahwa semua peserta dapat mengerjakan ujian berbasis CAT tersebut.

“Saat melakukan peninjauan dan setelah kita melihat perolehan nilai mereka, semua peserta bisa mengerjakannya dengan baik. Ini terlihat dari semua peserta yang ujian memiliki nilai dan tidak ada yang Nol, artinya mereka bisa mengoperasikan computer untuk ujian CAT ini,” tandas Ose Luan.

Wabup menyampaikan ujian dengan berbasis sistem CAT ini dilaksanakan secara terbuka, transparan, dan hasilnya pun mutlak dari kesiapan masing –masing peserta.

J. T Ose juga menerangkan usai pelaksanaan ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dilaksanakan satu tahapan lagi yakni ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

“Ujian SKD ini untuk mencari peserta yang nilainya mencapai ambang batas dari tiga jenis tes yakni TWK, TIU dan TKP. Nanti ada ujian SKB dan disinilah akan diketahui siapa yang lulus untuk menempati formasi itu,” terang Wakil Bupati. 

Diakhir wawancaranya Wabup Belu menghimbau agar seluruh peserta dapat mempersiapkan diri secara baik dan mengerjakan soal – soal ujian dengan baik. 

Untuk diketahui, Pelaksanaan ujian CPNSD berbasis CAT pada hari ini diikuti oleh 600 orang peserta yang terbagi dalam 5 sesi, dan disetiap sesinya terdiri dari 120 orang peserta. Terkait keamanan, selain dilakukan penjagaan dan pengawasan oleh panitia, ruang ujian pun dilengkapi cctv untuk memantau para peserta. (prokompimbelu/Reynaldo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *