Kadis Sosial Kab. Belu, Elly Ch. Rambitan, SH,M.Hum

WARGA KELURAHAN MANUMUTIN TERIMA BPNT

Ekonomi Pembangunan Pemerintahan & Hukum

ATAMBUA, Sebanyak 450 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) asal Kelurahan Manumutin, Kecamatan Kota Atambua, Kabupaten Belu menerima penyaluran bantuan program BPNT dari Dinas Sosial Kabupaten Belu. BPNT merupakan tranformasi penerimaan bantuan beras sejahtera (rastra) menjadi bentuk bantuan non tunai.

Sekretaris Tim Koordinasi Bansos Pangan Kabupaten Belu, Elly Ch. Rambitan menjelaskan, Bantuan Sosial Pangan merupakan salah satu program penanganan kemiskinan Kementerian Sosial RI yang terdiri dari Bantuan Sosial Pangan Non Tunai.

“Penerima Bansos Pangan adalah keluarga miskin yang ditetapkan sesuai data terpadu program penanganan fakir miskin Kementerian Sosial sebagai penerima manfaat program dengan kondisi sosial ekonomi 25 persen terendah di daerah pelaksanaan,” ungkap Elly Rambitan di Aula Kantor Lurah Manumutin, Senin (24/6/2019).


Sekretaris Tim Koordinasi Bansos Pangan Kabupaten Belu, Elly Ch. Rambitan saat memberikan laporan pada acara lounching BPNT untuk masyarakat Kelurahan Manumutin

Lanjut Rambitan, tujuan Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah Untuk mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan; Memberikan gizi yang lebih seimbang kepada KPM; Meningkatkan ketepatan sasaran dan waktu penerimaan bantuan pangan bagi KPM; dan Memberikan pilihan dan kendali kepada KPM dalam memenuhi kebutuhan pangan.

“Manfaat BPNT adalah Meningkatkan ketahanan pangan di tingkat KPM sekaligus mekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan; Meningkatkan efisiensi penyaluran bantuan sosial; Meningkatkan transaksi non tunai dalam agenda gerakan nasional non tunai; dan Meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah terutama usaha mikro dan kecil di bidang perdagangan,” jelasnya.

Sebagaimana penetapan Kementerian Sosial, tutur mantan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Belu bahwa, terhitung mulai bulan Juni 2019,  Belu sebagai salah satu Kabupaten di Provinsi NTT yang menjadi daerah perluasan program BPNT.

“Program BPNT merupakan bantuan sosial pangan yang bersumber dari APBN yang disalurkan dalam bentuk non tunai dari Pemerintah Pusat kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Setiap KPM mendapat Rp.110.000/KPM/bulan melalui mekanisme uang elektronik yang akan digunakan untuk membeli bahan pangan berupa beras dan/atau telur di pedagang bahan pangan atau yang disebut elektronik warung gotong-royong (e-warong). E-Warong sebagai agen penyalur Bank BRI yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial RI,” terang Kadis Rambitan.

Dengan adanya perluasan tersebut, ungkap Elly Rambitan bahwa bantuan pangan yang selama ini diterima KPM berupa Beras Sejahtera (Rastra) diganti menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

KPM Kelurahan Manumutin, Kab. Belu, NTT

“Saat ini sudah tersalur BPNT dari Bank penyalur BRI Pusat ke rekening KPM sebanyak 14.172 KK dari jumlah kuota penerima manfaat bansos pangan di Kabupaten Belu sebesar 14.180 KK. Bagi 5.325 keluarga penerima bansos BPNT yang sudah membuka rekening, sudah bisa mengambil bantuan, karena mulai hari ini akan didistribusikan oleh Bank BRI,” ujar Eli Rambitan.

Sambung Kadis Sosial, terdapat 8.855 KPM yang telah memperoleh Kit Kartu Kombo melalui PKH (ini untuk yang menerima bantuan KPM PKH) dan juga sudah diaktivasi BPNTnya, sehingga KPM yang bersangkutan dapat mengambil BPNT melalui agen penyalur BPNT yang telah ditetapkan oleh Bank BRI Cabang Atambua selaku bank penyalur “Masih terdapat 8 KPM yang mengalami gagal pada pembukaan rekening kolektif sesuai penyampaian dari pihak Kemensos dan 8 KPM tersebut akan dicetak kit kartu kombonya setelah data-data dilakukan perbaikan. Dari 14.180 penerima BPNT di Kabupaten Belu telah dilakukan  pergantian melalui Musyawarah Desa atau Musyawarah Kelurahan yaitu sebanyak 945 di 11 kecamatan. Khusus untuk kelurahan Manumutin sudah dilakukan pergantian melalui musyawarah kelurahan sebanyak 53 KPM dan untuk 53 KPM ini kartunya sementara dalam proses percetakan,” beber Kadis. (pkpsetdabelu/michaello)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *