WUJUDKAN SDM UNGGUL INDONESIA MAJU, INI LANGKAH BUPATI BELU

Ekonomi Pembangunan

ATAMBUA, Bupati Belu Willybrodus Lay, SH memiliki berbagai langkah dalam mewujudkan tagline HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Bupati Belu menyebut, Pemerintah Kabupaten Belu siap mendukung program, kegiatan dan kebijakan Presiden dan Wakil Presiden terpilih demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul, dibutuhkan kerja sama berbagai pihak dan usaha secara terus menerus terutama dibidang pendidikan,” ujar Bupati Belu dalam sambutan perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke -74 di Lapangan Umum Atambua, Sabtu (17/8/2019).

Willy Lay mengatakan,  pentingnya menyatukan komitmen bersama seluruh elemen masyarakat Kabupaten Belu agar dapat mengatasi  berbagai permasalahan yang dihadapi. Pemerintah Kabupaten Belu akan memaksimalkan seluruh kemampuan untuk meningkatkan SDM aparatur dengan membuka ruang kerja sama dengan perguruan tinggi untuk peningkatan kualitas SDM.

Sesuai dengan tema HUT Proklamasi Kemerdekaan RI, “SDM Unggul Indonesia Maju” Bupati Lay mengemukakan bahwa, peran keluarga dan Pemerintah sangat dibutuhkan untuk mewujudkan tagline yang diluncurkan Presiden Republik Indonesia.

“Peran keluarga terhadap ibu hamil sangat dibutuhkan dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi serta asupan gizi anak agar terhindar dari stunting atau tumbuh tidak maksimal. Sementara peran Pemerintah memfasilitasi dengan memberikan dukungan melalui pendidikan yang dapat memberikan konribusi besar bagi percepatan pembangunan di Kabupaten Belu,” katanya.

Menurut, sejumlah kontribusi Pemerintah Kabupaten Belu dalam upaya penguatan kapasitas dan peningkatan SDM yakni melalui pengangkatan guru honorer komite sekolah menjadi tenaga kontrak daerah pada tahun 2019 sebanyak 200 orang.  Bupati Willy mengakui, dari jumlah tersebut, masih banyak yang belum terakomodir,  sehingga tahun depan Pemerintah akan  mengadakan uji kompetensi untuk pengangkatan sesuai kebutuhan.

“Selain itu juga, Pemerintah Kabupaten Belu telah melakukan kerja sama dengan berbagai Perguruan Tinggi dengan jalur khusus beasiswa yakni dengan Politeknik Pertanian Malang, Institut Seni Indonesia Surakarta dan Politeknik Pariwisata Lombok. Pada tahun 2019 akan diadakan seleksi calon PNS dengan kuota khusus bagi guru sebanyak 56 orang dan seleksi P3K Gelombang ke -2 sebanyak 187 orang, sehingga diharapkan pada masyarakat agar dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi dimaksud,” jelasnya Bupati Belu.

Untuk meningkatkan kemampuan tenaga kerja di Kabupaten Belu, Pemerintah telah melakukan berbagai pelatihan di tahun 2019 diantaranya Pelatihan Berbasis Kompetensi di Balai Besar Pengembangan Semarang, Bandung dan Bekasi serta Pelatihan Berbasis Kompetensi di BLK Kupang dan Pelatihan Berbasis Komunitas Masyarakat di Desa Mandeu, Pelatihan Sablon di Atambua, Pelatihan Salon Pria di Atambua dan Pelatihan Tenun (Pewarna Alam).

Untuk meningkatkan kompentesi SDM  khususnya pns yang ada di Kabupaten Belu, Pemerintah secara bertahap mengirimkan mahasiswa pasca sarjana dan program doktoral dalam bidang teknis maupun non teknis di berbagai universitas yang ada di Indonesia.

Bupati Belu juga menyampaikan kebanggaannya kepada kepada para Penari Likurai  dan Penari Antama yang mendapat kehormatan untuk unjuk keahlian di Istana Negara.

“Perayaan HUT Proklamasi tahun ini lebih istimewa dan kita patut berbangga karena saat ini putra-putri Belu sebanyak 150 orang di undang ke Istana Negara untuk mengisi acara pada Peringatan HUT ke-74 RI dengan Tarian Likurai dan Tarian Antama,” ungkapnya. (Pkpsetdabelu/Iryanto/Reynaldo/Michello/Trebor).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *